14th SATU Indonesia Awards 2023, Astra Bidik Generasi Muda Inspiratif

Sebagai rangkaian dari 14th SATU Indonesia Awards 2023 dalam menjaring generasi muda inspiratif pelosok Tanah Air yang berkontribusi besar ke masyarakat Astra menggelar bincang inspiratif

14 Juni 2023, 19:29 WIB

Deli Serdang- Astra menggelar bincang inspiratif sebagai rangkaian dari 14th SATU Indonesia Awards 2023 dalam menjaring generasi muda inspiratif pelosok Tanah Air yang berkontribusi besar ke masyarakat.

Bincang inspiratif pertama yang diadakan di Deli Serdang, Sumatra Utara, untuk mencari generasi muda yang memiliki kontribusi bermanfaat bagi masyarakat. Setelah memasuki minggu ketiga belas tahap penjaringan 14th SATU Indonesia Awards 2023, pada Rabu 14 Juni 2023.

Para pembicara Hadir pada bincang inspiratif, Bupati Dairi Dr. Ir. Eddy Keleng Ate Berutu, Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah, serta narasumber yang terdiri dari Juri 14th SATU Indonesia Awards 2023 yaitu Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan Ir. Tri Mumpuni, Pegiat Seni Dian Sastrowardoyo, serta Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 Bidang Kewirausahaan Elsa Maharani.

Bupati Dairi Dr. Ir. Eddy Keleng Ate Berutu berharap ajang yang diinisiasi Astra berlangsung secara konsisten sehingga dapat membantu masyarakat secara berkelanjutan melalui talenta dari generasi muda.

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengungkapkan, Astra menginisiasi program SATU Indonesia Awards sebagai wujud apresiasi bagi anak bangsa yang telah berkontribusi untuk mendukung terciptanya kehidupan berkelanjutan.

“Diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk memotivasi generasi muda lainnya di seluruh Indonesia dalam melakukan hal yang sama atau bahkan lebih baik lagi,” ujar Riza Deliansyah.

Sesi bincang inspiratif, seluruh narasumber berbagi cerita dan pengalaman dalam SATU Indonesia Awards. Para Dewan Juri mendorong generasi muda saat ini agar dapat berkolaborasi dengan generasi muda lainnya untuk memberikan inspirasi bagi sekitarnya.

Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 Bidang Kewirausahaan Elsa Maharani berbagi cerita inspiratif atas kontribusinya dalam mengasah keahlian para perempuan yang berekonomi lemah di sekitar tempat tinggalnya.

“Kami melihat banyak potensi di masyarakat yang bisa dikolaborasikan menjadi social entrepreneur. Tinggal bagaimana generasi muda mau berpikir kreatif, inovatif dan berdaya,” ujar Elsa.

Sosok Elsa Maharani

Elsa Maharani berasal dari Kota Padang, Sumatra Barat, telah merangkul 54 tenaga kerja yang merupakan ibu rumah tangga dan para difabel di beberapa kota Sumatra Barat untuk membuat karya bermanfaat bagi masyarakat sekitar yaitu pakaian busana santun.

Dengan dua label miliknya yaitu Maharani dan juga Hamka Indonesia, Elsa memasarkan produknya dengan memiliki 225 reseller dan 2.700 member yang tergabung dalam platform miliknya, serta salah satu offline store di pusat perbelanjaan di Selangor, Malaysia.

Selama satu bulan label miliknya mampu memproduksi sekitar 2.000 hingga 5.000 dengan pendapatan lebih dari Rp400 juta.

Tidak hanya itu, Elsa telah mendirikan Kampung Jahit di tempat asalnya dengan 70 peserta untuk membina dan mengedukasi cara membuat pakaian.

Setelah empat tahun berlangsung, warga yang sebelumnya berprofesi sebagai pencacah batu kali dan asisten rumah tangga, beralih untuk mengikuti jejak Elsa dan mendapatkan penghasilan tetap di atas upah minimum regional Kota Padang.

Bincang inspiratif merupakan rangkaian dari 14th SATU Indonesia Awards 2023 dalam menjaring generasi muda di pelosok tanah air. Masa penjaringan telah berlangsung sejak 6 Maret 2023 hingga 6 Agustus 2023 yang dapat didaftarkan melalui situs www.satu-indonesia.com

Lima kriteria penilaian dalam 14th SATU Indonesia Awards 2023 yaitu motif, obstacle, outcome, outreach, dan juga sustainability. Adanya peningkatan bobot yang lebih tinggi pada aspek sustainability, yang semula hanya berdasarkan pada kesinambungan dari komitmen kegiatan para peserta akan diperluas dan diselaraskan pada pada poin-poin SDGs yang dicanangkan oleh pemerintah serta Astra 2030 Sustainability Aspirations. ***

Artikel Lainnya

Terkini