ARRC Motegi, Tunggangi CBR Series Pebalap Astra Honda Tampil Mendominasi

Para pebalap Astra Honda tampil mendominasi pada Asia Road racing Championship (ARRC) 2024 seri ketiga pada race 1 berlangsung di Sirkuit Mobility Resort Motegi, Jepang pada Sabtu, 8 Juni 2024

11 Juni 2024, 19:36 WIB

Jakarta – Menunggangi CBR Series para pebalap Astra Honda tampil mendominasi tak terbendung di ajang Asia Road racing Championship (ARRC) 2024 seri ketiga di Motegi Jepang.

Asia Road racing Championship (ARRC) 2024 seri ketiga pada race 1 berlangsung di Sirkuit Mobility Resort Motegi, Jepang pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Capaian podium tertinggi dari M. Kiandra Ramadhipa dan kedua oleh Herjun Atna Firdaus pada kelas Asia Production (AP) 250 serta podium ketiga dari M. Adenanta Putra di kelas Supersport (SS) 600 membawa prestasi membanggakan Indonesia di negeri Sakura.

Compress 20240611 173017 7934

Memasuki persaiangan kelas AP250, kedua pebalap andalan Astra Honda Racing Team (AHRT) yang turun di kelas ini memiliki bekal positif atas capaiannya di sesi kualifikasi. M. Kiandra Ramadhipa berhasil start dari posisi pertama, sementara Herjun berada di posisi kedua.

Saat lampu start menyala, Herjun langsung berusaha merangsak di posisi pimpinan, sementara Ramadhipa harus berjuang di posisi lima besar. Jelang lap kedua, Ramadhipa secara perlahan mulai memperbaiki posisinya dan berhasil unggul memimpin balapan.

Pebalap Herjun yang mendapatkan pembatasan rpm menjadi 13.300, terus berupaya untuk mempertahankan posisi podium.

Sementara, Ramadhipa berhasil meninggalkan rival-rivalnya dengan jarak waktu 5.92 detik dengan posisi kedua dan berhasil menduduki podium pertama.

Dengan persaingan ketat race 1 ini, Herjun terus berjibaku mengandalkan semangat juangnya dengan performa total control dari CBR250RR, hingga berhasil meraih podium kedua dan menemani Ramadhipa di podium tertinggi. Double podium ini membuat Indonesia Raya berkumandang di ARRC Motegi.

Kemudian, pada kelas Supersports (SS) 600, AHRT menurunkan tiga pebalap andalannya di seri ini yakni M. Adenanta Putra, Veda Ega Pratama, dan Rheza Danica Ahrens.

Para pebalap Astra Honda ini memulai start dari posisi keempat untuk Adenanta, ketujuh untuk Veda, dan kesembilan untuk Rheza.

Ketatnya persaingan di kelas ini dimemulai saat balapan, Veda sempat bersaing di posisi tiga besar, sementara rekan-rekannya berjuang dalam persaingan di 10 besar.

Pebalap Adenanta berhasil mengikis waktu lap demi lap dan berhasil menduduki posisi ketiga saat balapan mulai memasuki lap kelima. Veda dan Rheza terus berupaya untuk dapat memasuki persaingan di 5 besar.

Dengan menunggangi CBR600RR, Adenanta berhasil finish di posisi ketiga, Rheza di posisi ketujuh, dan Veda di posisi kedelapan.

Race kedua seri ketiga balapan AP250 dan SS600 kejuaraan ARRC Motegi, Jepang akan berlangsung pada Minggu (9/6/2024) pukul 12:30 WIB dan 13:20 WIB. Kedua balapan dapat disaksikan langsung melalui channel Youtube Asia Road Racing Championship.

Atas hail itu, pebalap Rama bersyukur pada race 1 ini mampu meraih kemenangan.

“Berbagai persiapan yang saya lakukan di seri ini, terbayar lunas dengan kemenangan pertama saya di kelas AP250,” kata Rama.

Dirinya menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan dan dipersembahkan kemenangan ini untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Semoga pada race 2 saya kembali mampu meraih kemenangan,” harapnya.

Sementara pebalap Herjun menyatakan, hasil race 1 ini sesuai dengan harapannya karena mampu menambah jarak dengan pebalap lain di klasemen umum.

Kata Herjun, sepanjang balapan, berusaha untuk bertahan dari gempuran pebalap lain yang sangat agresif hingga akhirnya mampu menjaga posisinya dan finish di posisi 2. Mohon doa dan dukungannya untuk race 2 di Motegi ini.

Senada pebalap Adenanta menyatakan, hasil yang cukup memuaskannya saat start yang kurang baik di race 1 ini membuat dia sempat tercecer di barisan belakang.

Namun, perlahan Adenanta mencoba untuk tetap fokus dan maju perlahan hingga akhirnya mampu menyentuh garis finish di posisi 3.

“Saya akan berusaha untuk bisa meraih kemenangan di race 2,” tegas Adenanta.

Tak jauh beda dengan pebalap Rheza yang mengaku pada Race yang cukup sulit harus dilalui hari ini.

“Start yang saya lakukan sebetulnya cukup baik, tetapi saya kesulitan untuk bersaing di rombongan depan,” ucap Rheza.

Rheza mengaku pengalaman di race 1 ini akan menjadi modal dalam menghadapi race 2 besok. Semoga dirinya mampu tampil lebih baik dan meraih podium.

Pebalap Veda mengaku Hasil yang kurang memuaskan harus diterima di race 1 ini. Selepas start, Veda sebetulnya mampu untuk merangsek ke posisi 3.

Namun, ketatnya persaingan membuat Veda kesulitan hingga akhirnya harus tercecer di posisi 8.

“Bukan hasil yang saya harapkan, tetapi saya akan terus berjuang di race 2 besok untuk bisa menghadirkan podium kemenangan. Mohon doa dan dukungannya,” pinta Veda.

Nomor motor
AP 250

212: M. Kiandra Ramadhipa

46: Terjun Atna Firdaus

SS600

21: M. Adenanta Putra

Artikel Lainnya

Terkini