Inflasi Bulanan Satu Persen Lebih, TPID Diminta Jaga Stok Telur hingga Minyak Goreng

Inflasi Bulanan di Bali harus diwaspadai karena lebih dari 1 persen untuk itu Tim Pengendali Inflasi Daerah TPID harus memastikan ketersediaan stok bahan pokok seperti telur hingga minyak goreng

4 Februari 2022, 10:57 WIB

Denpasar bulanan pada Januari 2022 di Provinsi Bali tercatat lebih dari 1 persen sehingga perlu diwaspadai Tim Pengendali Daerah () dengan memastikan stok ketersediaan bahan makanan mulai telor hingga minyak goreng.

Kepala Perwakilan Provinsi Bali menyebutkan, tercatat masih berada dalam rentang target nasional yang sebesar 3±1% (yoy).

“Namun demikian Januari 2022 patut diwaspadai karena secara bulanan sangat tinggi, yaitu lebih dari 1%, terutama VF yang lebih dari 2,5%,” ungkap dikutip dari keterangan tertulis Kamis 3 Januari 2022.

Bank Indonesia Bina UMKM Bali Berorientasi Ekspor

Untuk itu, Tim Pengendalian Inflasi Daerah perlu memastikan ketersediaan pasokan bahan makanan terutama daging dan telur ayam ras, minyak goreng, dan tomat.

“Hal yang perlu dilakukan terutama adalah meningkatkan Kerjasama Antar Daerah (KAD), digital farming dan e-commerce,” tegas Trisno Nugroho.

Memasuki awal tahun baru 2022 seiring membaiknya daya beli masyarakat membuat angka inflasi pada bulan Januari tercatat 1,03% (mtm) atau meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencatatkan inflasi sebesar 0,88% (mtm).

Fasilitasi IoT, Bank Indonesia Dukung Digitalisasi Pertanian

Artikel Lainnya

Terkini