Jadi Peguji UKK, SHEP Turut Tingkatkan Kualitas Siswa SMK Mitra Binaan

Dukungan untuk meningkatkan kualitas anak didik di SMK mitra Binaan diberikan SHEP (Satu Hati Education Program) mewakili Astra Motor Bali.

20 Maret 2023, 16:08 WIB

Denpasar – SHEP (Satu Hati Education Program) mewakili Astra Motor Bali memberikan dukungan untuk meningkatkan kualitas anak didik di SMK mitra Binaan.

Dukungan itu merupakan bagian dari implementasi Program Pendidikan Satu Hati AHM yakni dengan menjadi penguji di sekolah SMK N 1 Amlapura pada 13-16 Maret 2023.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan asesmen terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2(dua) atau 3 (tiga) pada KKNI dilaksanakan oleh Satuan Pendidikan Terakreditasi bersama Mitra Dunia Kerja diakhir masa studi Khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Para tim penguji Astra Motor merupakan Technical training (TTR) dan Kepala bengkel Astra Motor Cokroaminoto dan Kepala bengkel Astra Motor Gunung Sanghyang, menilai kemampuan siswa dalam teknik sepeda motor.

Adapun materi uji yang dinilai meliputi Service 32.000 km, praktek meja dengan materi tekanan bahan bakar, Smartkey, CBS, dan Front Fork. Jumlah siswa yang dinilai sebanyak 31 orang.

Achmad Wahyudi Irmono selaku SHEP Manager Astra Motor Bali, menyebutkan Dalam rangka pengembangan pendidikan vokasi industri, AHM telah mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di SMK mitra binaan. Untuk memastikan materi ajar tersampaikan dengan baik,Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini merupakan penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.

“Dengan semangat satu hati dan merupakan program sinergi bagi negeri, Astra Motor turut berkontribusi sebagai team penguji external sekolah dan sebagai penguji dari dunia industri. UKK ini bagian dari penerapan kurikulum TBSM dan Uji kompetensi keahlian ini merupakan syarat ujian nasional,” ungkap Awi.

Untuk diketahui bahwa sebelumnya, Astra Motor Bali telah memberikan donasi berupa sepeda motor Honda kepada lima SMK yang menerapkan kurikulum tehnik dan bisnis sepeda motor (TBSM) Astra Honda yang dalam prosesnya dapat digunakan menunjuang proses belajar mengajar SMK. ***

Artikel Lainnya

Terkini