Seminar Libatkan Pakar Dunia, Pushidrosal Bahas Pentingnya Hidrografi bagi Pembangunan Berkelanjutan

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan peran pentingnya hidrografi dalam mendukung terwujudnya program Ocean Decade maupun tujuan pembangunan berkelanjutan PBB.

9 Juni 2022, 16:26 WIB

Dari 17 tujuan global tersebut, yang paling erat kaitannya dengan bidang hidro-oseanografi adalah tujuan ke-14 yaitu Life Underwater, meliputi konservasi dan pemanfaatan sumber daya kelautan, kelautan dan maritim untuk pembangunan berkelanjutan.

Pada bagian lain, disampaikan pentingnya peran hidrografi dalam berbagai aspek kehidupan manusia telah dibuktikan dengan semakin banyaknya aktivitas manusia di laut.

Berangkat dari peran Hidrografi untuk keselamatan navigasi, hidrografi berkembang untuk mendukung semua kegiatan yang berhubungan dengan laut, termasuk pembangunan ekonomi, keamanan dan pertahanan, batas laut, penelitian ilmiah, pariwisata, mitigasi bencana dan perlindungan lingkungan dan pengelolaan wilayah pesisir.

Dicecar Soal Sampah dan Orange Economy, Koster Jawab Pembangunan Berkelanjutan

“Hari Hidrografi Sedunia 2022 merupakan contoh yang tepat untuk lebih menekankan keberadaan peran hidrografi dalam mendukung kepentingan dunia dengan tetap mengutamakan kelestarian laut kita,” ungkap Yudo Margono.

Pushidrosal, tidak hanya berfokus pada penyediaan data hidrospasial dalam rangka menjamin keselamatan pelayaran di seluruh perairan Indonesia di tingkat nasional, tetapi juga memiliki peran dan kontribusi di tingkat regional dan internasional.

Untuk memperingati Hari Hidrografi Sedunia 2022 tema “Hydrography – Contributing to the United Nations Ocean Decade”, cocok untuk menyoroti kontribusi nyata ilmu pengetahuan di bidang hidrografi, dalam kaitannya dengan pemanfaatan laut dalam rangka pembangunan berkelanjutan. ***

Artikel Lainnya

Terkini