Didanai Miliaran Rupiah, Lapangan Sepak Bola di Jembrana Rusak Parah

11 Maret 2016, 05:46 WIB

lapangan%2Bpergung%2B 1

Kabarnusa.com – Penataan fasilitas umum seperti lapangan sepak bola di Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Bali yang didanai miliaran rupiah kini kondisinya memprihatinkan mengalami rusak parah.

 Penataan lapangan selama dua tahap di tahun 2014 dengan menelan dana mencapai Rp 1 miliar lebih. Sayangnya, setelah lapangan terlihat apik dan asri, hanya dalam setahun sudah rusak parah.

Bahkan, kini lapangan yang kerap digunakan sebagai tempat mesum pasangan muda-mudi malam hari, kotor dan jorok.

Kondisi ini, bukan karena pekerjaan rekanan yang asal-asalan, diduga lapangan digunakan sebagai tempat pasar rakyat atau pasar musiman setiap hari Raya Galungan hingga Kuningan.

Pemanfaatan lapangan di luar kegiatan olah raga, menurut sejumlah warga bisa mempercepat kerusakan lapangan.

Terlihat jogging trak yang terbuat dari paving banyak rusak. Demikian juga, jalan paving di sekitar lapangan kondisinya rusak parah.

Rumput yang tumbuh di lapangan tersebut banyak mengalami kerusakan, bahkan ada yang mati.

Ironisnya, setelah hari raya Galungan dan Kuningan beberapa waktu lalu, kondisi lapangan hingga kini, belum bias digunakan untuk kegiatan olah raga.

Pasalnya di tengah lapangan banyak berserakan batu-batu berukuran besar dan beling pecahan gelas maupun piring serta sampah plastik berhamburan di sana sini.

Benda-benda membahayakan tersebut berada di tengah lapangan. Diduga bekas digunakan sejumlah pedagang yang berjualan saat pasar rakyat Galungan dan Kuningan diadakan. Namun, usai digelar pasar rakyat tidak dibersihkan hingga saat ini.

“Kami tidak berani bermain sepak bola di lapangan itu karena di lapangan banyak ada batu besar-besar dan beling. Takut nanti kaki kami luka,” ujar Ketut Suaba, warga yang kerap bermain sepak bola Kamis (10/3/2016).

Camat Mendoyo Agus Adinatha, membenarkan kondisi tersebut.  Pihaknya akan menggagendakan pembersihan di lapangan tersebut sehingga lapangan amat digunakan untuk kegiatan olah raga.

“Nanti kita agendakan kerja bakti untuk membersihkan lapangan itu,” singkatnya kepada wartawan.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini