Kompetisi Selancar Rip Curl Padang-Padang, Cok Ace: Dukung Kebangkitan Pariwisata Bali

Wakil Gubernur Bali Cok Ace menyatakan kompetisi Selancar Rip Curl Cup Padang Padang 2022 dapat mendukung kebangkitan pariwisata Bali.

1 Agustus 2022, 06:42 WIB

Badung – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka Sukawati menyatakan even  Kompetisi Selancar Rip Curl Cup Padang Padang 2022 dapat mendukung kebangkitan pariwisata Bali.

Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan misi Peerintah Provinsi Bali dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi yaitu berkualitas, berintegrasi, bermutu, profesional dan bermoral.

Juga, memiliki jati diri yang kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai – nilai kearifan lokal Krama Bali untuk mewujudkan visi Pemerintah Provinsi Bali yaitu ” Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, melalui  Pola Pembangunan Berencana Menuju Bali Era Baru”.

Sejak pandemi Covid-19 yang melanda selama hampir dua tahun terakhir, salah satunya berdampak pada intensitas penyelenggaraan kejuaraan olahraga yang sangat minim khususnya di Bali.

Saat ini seiring dengan kondisi dan situasi pandemi di Bali yang semakin terkendali telah membentuk rasa aman dan nyaman di dalam masyarakat kita untuk kembali berolahraga.

Dukungan pemerintah daerah, komunitas selancar lokal serta kondisi ombak di kawasan pantai Padang – Padang yang memadai mendukung  kejuaraan bertaraf internasional.

Kejuaraan ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam membangun Sport Tourism di Bali. Olahraga sebagai salah satu sarana dalam menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat sekaligus mendukung kebangkitkan pariwisata Bali.

Momen para tube riders terbaik dunia berhadapan dengan talenta terbaik Indonesia di Bali serta akan disiarkan secara langsung ke seluruh dunia melalui ripcurl.com, membuat para penggemar di seluruh dunia dapat menyaksikan acara ini secara real time di Bali.

“Juga akan mempromosikan bahwa Bali merupakan destinasi pariwisata terbaik di dunia,” tegasnya dalam sambutan pembukaan Kompetisi Selancar International Rip Curl Cup Padang Padang 2022, di Padang-Padang Beach, Labuan Sait, Badung, Minggu, Redite Pon Tambir (31/7/2022).

Pihaknya berharap even ini dapat  memunculkan talenta – talenta lokal baru yang mampu bersaing serta dapat mengharumkan nama daerah baik di kancah nasional dan internasional.

Presiden Direktur Rip Curl Cup Trials  James Hendy bangga dan bahagia bisa menyaksikan para tube riders terbaik dunia berhadapan dengan talenta terbaik Indonesia di Bali setelah dua tahun absen menghadapi ombak di pantai Padang-Padang ini.

Ia juga berharap pada komunitas selancar lokal dan pemerintah daerah yang telah mengizinkan kegiatan ini berlangsung.

Kompetisi Rip Curl Padang-Padang tahun ini juga mengalami perubahan yang signifikan dalam proses seleksi delapan orang peserta lokal yang akan masuk ke 16 besar pada main event.

Jika tahun – tahun sebelumnya, empat orang finalis teratas dari Trials dan 4 teratas dari main event tahun lalu tergabung dalam delapan pemain internasional yang akan menuju babak final, tetapi tahun ini membawa perubahan evolusioner pada formasi trials.

Setiap peselancar akan berkompetisi sebanyak dua kali dengan dua ombak terbaik dihitung untuk keseluruhan skor ( 20 dari 20 sebagai kemungkinan untuk mendapatkan skor tertinggi,” tegasnya.

Kemudian delapan orang peselancar terbaik dengan total skor tertinggi akan masuk ke event utama, peselancar dengan total nilai gabungan tertinggi akan menjadi Juara Rip Curl Cup Padang – Padang Trials 2022 .

Ajabg Rip Curl Cup 2022 berlangsung selama satu bulan penuh, dari tanggal 1-31 Agustus, selama puncak musim gelombang utama Indonesia yang akan memberikan kesempatan tertinggi untuk mencetak green barrel yang terkenal di dunia dengan Balinese Pipeline.

Rip Curl Cup Padang-Padang tahun ini hanya akan berlangsung pada momen ombak terbaik selama kompetisi berlangsung yang akan menguji kemampuan para peserta, yang diikuti sebanyak 16 orang tube riders profesional yang diundang dan akan bersiap selama Agustus untuk menguasai ombak dan gelombang spektakuler yang datang. ***

Artikel Lainnya

Terkini