Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS Terjatuh di Luweng Braholo Gunungkidul

Anggota Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam (PMPA) Fakultas Kedokteran UNS Noval Bachrul Ulum tewas setelah terjatuh di Luweng Braholo di Kalurahan Purwodadi, Tepus Gunung Kidul.

27 Maret 2023, 05:24 WIB

Gunungkidul —Noval Bachrul Ulum (22) anggota Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam (PMPA) Fakultas Kedokteran UNS terjatuh di Luweng Braholo di Kalurahan Purwodadi, Tepus, Minggu 26 Maret 2023.

Tim evakuasi gabungan berhasil mengangkat tubuh korban sekitar pukul 17.00 WIN atau 7 jam setelah kejadian dalam kondisi meninggal dunia.

“Evakuasi korban melibatkan tim gabungan mulai dari Satlinmas Rescue wilayah 1 dan 2, Basarnas, sukarelawan hingga petugas dari kepolisian dan TNI,” tutur Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 1 di Pantai Sadeng, Sunu Handoko dalam keterangan tertulis.

Sunu Handoko memastikan korban dalam keadaan meninggal dunia. Hasil indetifikasi lapangan, Noval mengalami luka di seluruh bagian tubuh mulai dari kaki, tangan, hingga kepala patah.

“Lukanya serius karena jatuh dari ketinggian 20 meter dan dasar luweng berupa bebatuan,” kata Sunu Handoko kepada wartawan.

Ada empat petugas yang turun ke dasar luweng guna menangkat tubuh korban. Secara keseluruhan, evakuasi berjalan dengan lancar, meski sempat ada kendala lincin di permukaan luweng.

“Meski licin, tim gabungan tetap berupaya hingga akhirnya bisa mengangkat korban ke permukaan,” sambungnya.

Kata Sunu Handoko dengan diangkatnya, jasad korban kemudian dibawa ke RSUD Wonosari, maka proses evakuasi dinyatakan ditutup.

Sebelumnya Noval Bachrul Ulum anggota mahasiswa pencinta alam (Mapala) asal Fakultas Kedokteran UNS terjatuh di Luweng Braholo di Kalurahan Purwodadi, Tepus, Minggu (26/3/2023) sekitar pukul 09.30 WIB.

Pelaksana Harian Kapolsek Tepus, Iptu Ngatimin membenarkan adanya peristiwa mapala asal Fakultas Kedokteran UNS terjatuh di Luweng Braholo di Kalurahan Purwodadi. “Korban asal Tegal. Noval datang ke lokasi bersama dengan empat temannya untuk survei susur goa. Tapi, belum selesai ada peritiwa laka ini,” kata Ngatimin dikonfirmasi wartawan.***

Artikel Lainnya

Terkini