Mantap..Tabanan Produsen Manggis Terbesar Kedua RI

banan sampai saat ini merupakan produsen buah manggis terbesar di Bali.

30 Januari 2014, 09:35 WIB

Tabanan –  Predikat Kabupaten Tabanan bertambah selain dikenal lumbung berasnya Bali kini julukan baru disandangnya menjadi lumbung manggisnya di Pulau Dewata.

Predikat itu tidak berlebihan mengingat, Tabanan sampai saat ini merupakan produsen buah manggis terbesar di Bali.

“Kabupaten Tabanan telah dinobatkan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebagai kabupaten terbesar kedua di Indonesia,” papar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabanan I Nyoman Budana belum lama ini.

Berdasar data pada tahun 2012, jumlah tanaman manggis di daerah ini tercatat sejumlah 194.318 pohon dengan produksi buah 11.047 kuintal atau setara dengan 1.104,7 ton.

“Kabupaten Tabanan sampai saat ini menjadi terbesar di Bali. Sedangkan di Indonesi mendudukui peringkat kedua sebagai terbesar,” tegasnya lagi.

Dia melanjutkan, untuk sentra manggis berada di Kecamatan Pupuan,  Selemadeg Barat dan Penebel.

Hanya saja, belakangan tanaman manggis bisa berkembang baik juga di Kecamatan Baturiti, Kerambitan dan Selemadeg.

Pada akhir tahun 2012 lalu jumlah tanaman manggis sebanyak 194.318 pohon kini meningkat tajam sampai akhir Triwulan III tahun 2013 tanaman manggis menjadi 206.194 pohon.

Selain sumber daya alam dan sumber daya manusia, sambung Budana, pesatnya perkembangan manggis di Tabanan karena dukungan pemerintah,

sejak tahun 2000 Pemkab Tabanan yang difasilitasi pemerintah pusat melakukan pembinaan melalui program pengembangan agribisnis manggis.

Tahun lalu banyak proyek pusat untuk pengembangan manggis dengan bantuan senilai Rp 800 juta dan tahun 2013 ini, nilai proyeknya meningkat menjadi Rp 1,4 miliar.

Dari jumlah itu, Rp1 Miliar di antaranya dimanfaatkan untuk pengembangan manggis.  bantuan sarana pasca panen Rp 200 juta dan Sekolah Lapang di lima kelompok  Rp 140 juta.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian selain dukungan dana juga memberikan perahtian an pengakuan terhadap varietas manggis asli dari Tabanan.

telah memberikan nama varieats manggis dengan nama Manggis Palasari Serasi.

Manggis varietas ini dikembangkan kelompok tani manggis Palasari di Desa  Mundeh Kangin, Selemadeg Barat,”.

Tercatat tahun 2011 lalu juga sudah mendapat Sertifikat Organik dari pihak yang berwenang.

Untuk keunggulan manggis asal Tabanan dibanding daerah lainnya dari rasa yang lebih  manis dan sedikit asam yang khas dan menyegarkan.

Untuk produknya selain dalam bentuk buah segar, mulai produk olahan manggis dipasarkan dalam bentuh olahan sebagai juice manggis. ***

Artikel Lainnya

Terkini