Menteri Trenggono: Ekspor Perikanan Indonesia Baru Penuhi 3,5 Persen Pangsa Pasar Dunia

Dari hasil kajian, potensi total ekonomi sektor kelautan dan perikanan Indonesia mencapai USD 1.338 miliar per tahun.

17 Desember 2021, 20:51 WIB

Badung – Menteri Kelautan dan Perikanan () Sakti Wahyu Trenggono menyebutkan Indonesia baru mampu memenuhi sekitar 3,5 persen dari pangsa pasar dunia.

Dari hasil kajian, potensi total ekonomi sektor kelautan dan perikanan Indonesia mencapai USD 1.338 miliar per tahun.

“Sedangkan kesempatan kerja yang dapat dibangkitkan sekitar empat puluh juta orang. Untuk Indonesia baru mampu memenuhi sekitar 3,5 persen dari pangsa pasar dunia,” ungkap Sakti Wahyu Trenggono saat menghadiri Kongres XXII di Badung, Jumat (17/12/2021).

Lanjut Sakti Wahyu Trenggono, potensi lainnya, Alur Laut Kepulauan Indonesia merupakan jalur transportasi perdagangan dunia, dimana barang dan komoditas yang dilalulintaskan setara USD 1.500 triliun per tahun.

KKP Kembangkan Kawasan Budidaya Udang Terintegrasi di Kebumen

Dikatakan , salah satu kunci optimalisasi potensi yang ada adalah dengan mendorong tumbuhnya industri di bidang kelautan dan perikanan di Indonesia yang proses produksi tetap menjaga kelestarian lingkungan.

“Kunci pengelolaan laut ada pada optimalisasi pemanfaatan potensi laut dan penciptaan pusat pertumbuhan ekonomi yang menyebar di seluruh wilayah nusantara dengan tidak mengabaikan ekologi laut,” paparnya.

Ditegaskan, komitmen memberi kemudahan kepada para pelaku usaha mulai dari skala kecil, menengah hingga besar untuk mendorong tumbuhnya industri kelautan dan perikanan tersebut.

Indonesia Ekspor 8,9 Ribu Ton Hasil Perikanan Serentak di Lima Pelabuhan

Artikel Lainnya

Terkini