Penumpang Pelabuhan Gilimanuk Membludak, Pecalang Dikerahkan

10 Maret 2016, 19:00 WIB

Pelabuhan%2BGilimanuk

Kabarnusa.com – Membludaknya arus balik penumpang usai Hari Raya Nyepi di Pelabuhan Gilimanuk Kabupaten Jembrana Bali membuat petugas kewalahan sehingga meminta bantuan pecalang untuk melakukan pemeriksaan identitas (KTP).

Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, AKP AA Gede Arka mengakui arus balik usai Nyepi membuat sibuk petugas yang melakukan pemeriksan identitas.

Di pos pemeriksaan KTP, Pecalang Desa Pekramanan Gilimanuk bersama Linmas dikerahkan, untuk sementara waktu menggantikan petugas dari Pemkab Jembrana.

“Kami sudah antisipasi membludaknya arus penumpang dari Jawa saat ngembak Nyepi atau sehari setelah Nyepi,” katanya Kamis (10/3/2016).

Anggota yang bertugas piket saat Nyepi, semuanya ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan sambil menunggu anggota yang berugas hari ini.

Para pecalang yang dilibatkan, juga sibuk memeriksa KTP penumpang yang datang.

“Untuk sementara kita minta tolong kepada pecalang dan linmas untuk melakukan pemeriksaan KTP sampai petugas dari Pemkab Jembrana datang. Ini biasa kita lakukan setiap Nyepi,” ungkap Lurah Gilimanuk, Gede Ngurah Widiada.

Disisi lain, jika arus penumpang dari Ketapang membludak, penguna jasa penyebrangan yang menuju Jawa pagi kemarin masih sepi.

Sementara itu, Manajer ASDP Ketapang Wahyudi Susianto, mengatakan sejak Rabu malam memang sudah terjadi penumpukan kendaraan terumata mobil pribadi di Pelabuhan Ketapang.

Antrean kendaraan tersebut masih berlangsung hingga sore tadi.

“Penumpukan terutama mobil pribadi, masih banyak karena yang datang terus mengalir,” ungkapnya.

Pihaknya mengoperasionalkan kapal yang melayani penyebrangan di Selat Bali sebanyak 29 kapal terdiri dari 28 KMP dan 1 LCT.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini