Tanah Longsor dan Pohon Tumbang di Tabanan

20 Januari 2016, 23:37 WIB
tanah%2Blogsor%2Bbaturiti
Tanah longsor di Desa Apuan, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali

Kabarnusa.com – Hujan deras yang sempat mengguyur wilayah Tabanan, Bali mengakibatkan kejadian tanah bukit longsor di Banjar Kambangan Desa Apuan, kecamatan Baturiti, Rabu (20/1/2016) sekitar pukul 15.30

Bukit yang longsor tersebut setinggi 15 meter dan panjang 10 meter  dengan ketebalan sekitar 4 meter. Tanah yang longsor menutupi jalan yang menghubungkan Kecamatan Baturiti dan Penebel. Akibatnya, lalu-lintas sempat terhenti sehingga terjadi antrean kendaraan yang lumayan panjang.

Informasi di lapangan, tanah bukit tersebut longsor diduga kuat disebabkan oleh seringnya terkena air hujan. Tanah yang sebelumnya berongga karena kekeringan, setelah terkena air hujan akhirnya tanah perlahan-lahan terjadi pergeseran selanjutnya longsor.

Warga sekitar yang melihat tanah longsor tersebut, lantas bergotong royong dan di antaranya langsung melaporkan ke Polsek, Koramil dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Menerima laporan tanah longsor, aparat dari TNI dan Tim BPBD Tabanan sekitar pukul 15.45 tiba di lokasi membantu membersihkan tanah longsor dari jalan.

Sekitar pukul 18.10 bantuan mobil Pemadam Kebakaran datang untuk melakukan penyemprotan guna membersihkan jalan dari bekas longsoran tanah. Setelah jalan dibersihkan, sekitar pukul 18.10 lalu-lintas kembali berjalan normal.

Kasus tanah bukit longsor sebelumnya juga terjadi di Banjar Ubung, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Senin (18/1/2016) malam  sekitar pukul 21.00 Tanah longsor sepanjang 10 meter yang  menutup akses jalan yang menghubungkan Desa babahan dan Desa Penebel tersebut juga akibat guyuran air hujan.

pohon%2Btumbang%2Bdi%2Bburuan
Pohon tumbang di Desa Buruan, Kecamatan Penebel

Selain tanah longsor, akibat hujan deras yang terjadi Selasa (19/1/2016) sore sekitar pukul 15.15 juga merobohkan pohon perindang jalan di Desa Buruan, Kecamatan Penebel. AKibat pohon roboh dan menutup jalan, lalu lintas yang menghubungkan Desa Buruan dan Desa Penebel juga sempat terhenti beberapa jam.

Terkait kejadian tanah longsor dan pohon tumbang akibat hujan tersebut, Sekda Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa menghimbau agar warga Tabanan waspada dan berhati-hati. “Warga harus waspada dan hati-hati saat hujan deras turun. Bila melihat kejadian tanah longsor dan pohon tumbang, segera lapor pada aparat terdekat agar segeera ditindaklanjuti,” pesannya. (gus) 

Artikel Lainnya

Terkini