Kwarcab Rembang Kirim 15 Peserta Ikuti Karang Pamitran Nasional di Cibubur

Karang Pamitran Nasional yang berlangsung di Cibubur Jakarta mulai 3-8 Juli 2023 diikuti 3.200 peserta salah satunya kontingen Kwarcab Rembang Jawa Tengah.

4 Juli 2023, 09:04 WIB

Jakarta – Kwartir Cabang (Kwarcab) Rembang Jawa Tengah mengirimkan 15 peserta Pembina untuk mengikuti Karang Pamitran Nasional yang berlangsung di Cibubur Jakarta mulai 3-8 Juli 2023.

Ketua Kwartir Nasional atau Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso membuka resmi Karang Pamitran Nasional yang berlangsung di Cibubur Jakarta Selasa 3 Juli 2023.

Karang Pamitran Nasional tahun 2023 diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur diikuti 3.200 peserta dari seluruh Indonesia.

Kontingen Kwarcab Rembang Karang Pamitran Nasional
Salah satu kontingan dalam kegiatan nasional Karang Pamitran Nasional adalah Kwarcab Rembang Jawa Tengah, dipimpin Sigid Kaolan dari Pusdiklat Kwarcab Rembang./dok. Kabarnusa

Ribuan peserta Pembina Pramuka dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Bumi Perkemahan Pramuka mengikuti serangkaian kegiatan Karang Pamitran Nasional.

Sembari membawa peralatan yang diperlukan seperti tenda dan properti lainnya, peserta akan terlibat dalam kegiatan baik untuk meningkatkan kemampuan dan kepramukaan.

Karang Pamitran merupakan pertemuan pembina pramuka dari seluruh Indonesia.

Salah satu kontingan yang ikut dalam kegiatan nasional itu adalah Kwarcab Rembang Jawa Tengah, dipimpin Sigid Kaolan dari Pusdiklat Kwarcab Rembang.

Salah satu Pembina Kwarcab Rembang Kak Rini Isyuliati menjelaskan, pada Karang Pamitran Nasional tahun 2023, mengirim 15 peserta putra dan putri terpilih dari Kwarcab dan Kwaran.

“Kami berharap mengikuti Karang Pamitran untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan, dengan kakak-kakak Pembina seluruh Tanah Air” ujar Pembina yang kesehariannya guru di SDN Mantingan Kecamatan Bulu ini.

Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan para pembina Pramuka dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebelumnya, surat keputusan tentang Karang Pamitran Nasional tahun 2023 telah dikirimkan ke seluruh Kwarda se-Indonesia dan ditembuskan kepada Presiden RI selaku Ka Mabinas Gerakan Pramuka, dan para Gubernur selaku Ka Mabida.

Berdasarkan keputusan Musyawarah Nasional tahun 2018 ditetapkan bahwa Karang Pamitran Nasional akan digelar di Provinsi Papua pada tahun 2020. Namun, karena Pandemi Covid-19 penyelenggaraan ditunda menjadi tahun 2023.

Mengacu surat Gubernur Papua, pada 7 Desember 2022 menyatakan Pemerintah Provinsi Papua menyataka tidak dapat menjadi tuan rumah karena tengah berkonsentrasi pada penganggaran pemekaran daerah otonom baru. ***

Artikel Lainnya

Terkini