Mitra Pemerintah, BKOW Sinergikan Program Kerja Berbagai Organisasi Wanita di Bali

BKOW memegang peran strategis dalam mensinergikan program kerja berbagai organisasi wanita di Provinsi Bali.

12 Februari 2023, 07:26 WIB

Karangasem – Kendati hanya sebagai wadah koordinasi dan kerja sama BKOW memegang peran strategis dalam mensinergikan program kerja berbagai organisasi wanita.

Hal itu ditegaskan Ketua Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati (Ny. Cok Ace)

Karenanya, dalam mengawali program kerja di tahun 2023 dan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh kabupaten/kota yang telah membentuk Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dengan, BKOW Bali melakukan anjangsana atau kunjungan kerja.

Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati bersama jajaran pengurus urun ke kabupaten yang saat ini telah membentuk atau belum membentuk GOW.

Setelah menyambangi Kabupaten Badung, Buleleng dan Gianyar, Jumat 10 Februari 2023, Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati turun ke Kabupaten Karangasem.

Kehadiran rombongan BKOW Bali disambut hangat Penasehat GOW Kabupaten Karangasem yang merupakan Istri Bupati Karangasem Made Nuriasih Dana dan Ketua Umum GOW Karangasem Sarini Artha Dipa.

Secara garis besar Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati menjelaskan, kunjungannya ke Karangasem merupakan bagian dari upaya mempererat jalinan silaturahmi.

Berikutnya, ia juga memberi penjelasan singkat tentang keberadaan BKOW sebagai wadah bagi berkumpulnya organisasi wanita yang ada di wilayah Provinsi Bali.

“Ini bukan organisasi struktural, tapi koordinasi dan kerja sama. Jadi sifatnya tidak memaksa,” ucapnya.

Selain itu, BKOW fokus pada misi peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya kaum perempuan.

Secara prinsip, BKOW merupakan partner pemerintah dalam mendukung berbagai program pembangunan, utamanya yang terkait dengan upaya memajukan kaum perempuan.

Mengingat strategisnya fungsi lembaga ini, ia sangat berharap, Karangasem dapat segera menjalankan program-program strategisnya.

Dia pun memberi gambaran bahwa mengikuti pola yang berlaku di pusat, istri dari Wakil Kepala Daerah ex officio menjabat sebagai Ketua Umum BKOW di tingkat Provinsi dan Ketua GOW di level Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan itu, Ny. Cok Ace juga memberi apresiasi terhadap kinerja dan capaian yang ditunjukkan oleh Ketua TP PKK Karangasem beserta jajaran.

“Luar biasa program dan capaiannya, sangat menginspirasi,” tegasnya.

Ketua TP PKK Karangasem yang sekaligus sebagai Penasehat GOW Karangasem Made Nuriasih Dana menyampaikan selamat datang dan sangat berterima kasih atas kunjungan jajaran BKOW Bali.

Atas harapan Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati, dikatakan pembentukan GOW di Karangasem, telah terbentuk melalui SK Bupati dan telah terbentuk susunan kepengurusan.

Hanya saja, yang menjadi Ketua GOW adalah istri Wakil Bupati Sarini Artha Dipa, mengingat dirinya sudah menjadi Ketua TP PKK.

Jadi untuk mengoptimalkan fungsi dari masing-masing organisasi, maka dirinya berbagi peran dengan Ibu Wakil Bupati.

Ketua Umum GOW Kabupaten Karangasem Sarini Artha Dipa menyampaikan bahwa selama ini kegiatan GOW telah berjalan di Karangasem, namun saat pandemi sempat vakum. Untuk itu kedepannya pihaknya akan kembali mengoptimalkan kegiatan GOW.

Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati juga melakukan kunjungan ke Pengrajin Batok Kelapa, Ingke dan Keranjang Bambu di Banjar Dinas Waliang, Desa Abang, Kecamatan Abang, Karangasem. ***

Artikel Lainnya

Terkini