Pengendara Wajib Pastikan Kesiapan Kondisi Kendaraan saat Musim Hujan

15 November 2021, 04:27 WIB

Denpasar – Pengendara sepeda motor wajib mengetahui kondisi kendaraan apalagi digunakan ditengah musin hujan.

Dengan begitu, musim hujan bukan masalah atau halangan untuk tetap produktif dan melakukan aktivitas. 

Memasuki musim hujan, beberapa daerah khususnya di Bali sering kali diguyur hujan hingga seharian.

Kondisi ini yang membuat para pengguna jalan raya harus berhati-hati terutama pengguna sepeda motor. 

“Ada tiga poin penting untuk memastikan motor siap digunakan di musin hujan,” tutur Supervisor Technical Service Departemen Astra Motor Bali, Ngurah Palguna dalam keterangannya Minggu 15 November 2021.

Pertama, terkait Pengereman, Palguna mengatakan bahwa pastikan kondisi rem dalam keadaan baik dengan cara memeriksa kondisi kampas rem dan volume minyak rem agar kinerja system rem tetap optimal.

Kedua, tentang Ban, harus dipastikan ketebalan kembangan ban roda masih dalam batas aman, untuk mengetahuinya lakukan pemeriksaan melalui Treat Wear  Indicator (TWI).

Ketiga,hal yang terpenting mengenai kelistrikan pastikan semua komponen kelistrikan dalam kondisi baik dan terlindungi dari potensi kemasukan air.Yang utama adalah pastikan lampu utama dan lampu rem bekerja dengan baik.

Selain ketiga poin tersebut , perlunya perlengkapan lainnya yakni jas hujan atas dan bawahan yang sangat aman dan disarankan untuk mencegah tersangkut di roda.

Penggunaan helm dengan visor bening sangat aman dan memudahkan pandangan pengendara serta gunakan sarung tangan agar tangan tetap kering, jangan lupa sepatu anti air atau berbahan karet dan tidak disarankan menggunakan sandal agar perlindungan kaki lebih maksimal.

“Edukasi pentingnya pengecekan yang harus diketahui pengguna sepeda motor, untuk memastikan seluruh bagian sepeda motor masih dalam kondisi optimal. 

Bawalah sepeda motor kesayangan konsumen ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan dari mekanik berpengalaman,”ungkap Palguna.

Berbagai layanan untuk perawatan sepeda motor Honda ditawarkan diantaranya layanan di hari Minggu selain datang langsung ke AHASS, dapat juga dilakukan dengan cara booking service melalui aplikasi Motorku X.

Kemudian, layanan Honda Care untuk darurat dijalan raya, Program “GO-CAP” Ganti Oli Cek Aja Dulu Performaance Update didukung dengan layanan tanpa antre untuk layanan penggantian oli.

Kemudian, pergantian spare part spt ganti bulb, kampas rem, ganti ban, ganti accu dll,  melalui pit express hanya dengan 15 menit saja serta support dari AHM Oli dan Honda Genuine Part (HGP).(rhm)

Artikel Lainnya

Terkini