Presiden Joko Widodo Ingin Proyek 57 Bendungan Rampung hingga 2024

Presiden Jokowi berharap bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah-wilayah kering di Provinsi NTB.

14 Januari 2022, 19:00 WIB

Bendungan yang dibangun sejak tahun 2015 dan menelan anggaran Rp1,44 triliun tersebut diketahui memiliki daya tampung sebesar 76 juta meter kubik dengan luas genangan 256 hektare dan mampu mengairi sawah seluas 6.700 hektare.

Pihaknya berharap bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, mendukung ketahanan pangan di Provinsi NTB dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku khususnya di wilayah-wilayah kering di Provinsi NTB.

Presiden Jokowi yang didampingi oleh Ibu Iriana sempat melepas ikan gabus dan menaiki perahu di bendungan. Tampak Presiden turut mendayung perahu bersama beberapa atlet dayung dalam perahu yang sama.

Bersama, Ibu Negara Iriana, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Bupati Sumbawa Barat Musyafirin, kemudian Presiden Jokowi menanam pohon jambu air di area Bendungan Bintang Bano. ***

Artikel Lainnya

Terkini