Presiden: Lingkungan Laut yang Sehat Adalah Kunci Pembangunan Indonesia

Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah capaian dan komitmen Indonesia dalam perlindungan laut.

13 Februari 2022, 01:22 WIB

Bogor – , menyatakan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, lingkungan laut yang sehat adalah kunci keberlanjutan pembangunan Indonesia.

Saat berpidato secara virtual pada One Ocean Summit, menyampaikan sejumlah capaian dan komitmen Indonesia dalam perlindungan laut. “Indonesia bangga menjadi salah satu negara di garda terdepan dunia dalam hal perlindungan laut,” ujar Presiden Jokowi sebagaimana ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat, (11/2/2022).

Presiden Jokowi menuturkan sejumlah komitmen yang telah dilakukan Indonesia, antara lain komitmen mencapai target kawasan konservasi perairan laut seluas 32,5 juta hektare pada tahun 2030. Menurut Presiden, sampai dengan tahun 2021 Indonesia telah berhasil mencapai seluas 28,1 juta hektare atau 86,5 persen. 

Jurnalis Bali Terbantu Servis Gratis Motor Honda di HPN 2022

“Kami optimistis komitmen kami di tahun 2030 bisa terpenuhi,” sambungnya.

Indonesia juga berkomitmen untuk mengurangi 70 persen sampah plastik laut pada tahun 2025. Berbagai upaya terus dijalankan oleh pemerintah Indonesia, mulai dari rencana aksi penanganan sampah plastik laut hingga pembangunan pembangkit listrik berbahan baku sampah yang mengonversi 1.000 ton sampah per hari menjadi 10 megawatt listrik.

“Ekosistem mangrove juga menjadi perhatian kami. Kami menargetkan rehabilitasi mangrove seluas 600 ribu hektare hingga tahun 2024. Kami yakin semua upaya ini tidak hanya berdampak pada kelestarian lingkungan laut dan pembangunan berkelanjutan, namun juga pada perubahan iklim,” jelas Presiden.

Cok Ace: Upaya Wujudkan Kesehatan Masyarakat dan Pemulihan Ekonomi Bali Berjalan Seimbang

Artikel Lainnya

Terkini