Rangkaian Acara Rakernas PUTRI di Badung Dibuka oleh Menteri Parekraf

17 November 2023, 09:10 WIB

Badung, Bali 16 November 2023 – Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) memulai rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dengan megah, diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia, Bapak Sandiaga Uno. Acara yang berlangsung di Kantor Bupati Badung Bali, ini dihadiri juga oleh Deputi Menteri Bidang Industri dan Investasi, Ibu Rizky Handayani, Deputi Sumberdaya dan Kelembagaan, Ibu Martini (Diah) Paham, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, serta Ketua Umum PUTRI, Hans Manansang.

Rakernas PUTRI, yang berlangsung sejak 16 hingga 18 November 2023, dihadiri oleh 12 Dewan Pengurus Daerah (DPD) dari seluruh Indonesia. Dengan tema “Membangun Wisata Nasional Yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan,” PUTRI menekankan pentingnya faktor keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengunjung dalam menikmati tempat wisata. Kejadian beberapa kecelakaan wisata dibeberapa lokasi menjadi tolok ukur untuk pembenahan wisata yang tidak hanya menonjolkan keindahan alam, atraksi dan rekreasi namun juga faktor keselamatan pengunjung. PUTRI sebagai perhimpunan usaha taman rekreasi memfokuskan pembinaan, edukasi kepada para anggotanya agar senantiasa memenuhi standar keselamatan yang baik.

Dalam sambutannya, Bapak Sandiaga Uno menyampaikan dukungannya terhadap upaya PUTRI dalam memajukan sektor pariwisata Indonesia. Ia menyoroti peran PUTRI dalam menggairahkan berbagai jenis wisata, seperti museum, alam, seni budaya, wisata buatan, desa wisata, konservasi, dan permainan anak. PUTRI diakui sebagai wadah yang memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, mulai dari sektor pariwisata hingga penyerapan tenaga kerja.

Hans Manansang sebagai Ketua Umum PUTRI menyatakan rakernas PUTRI bisa menguatkan organisasi, lini kordinasi dan memberikan dampak yang positif bagi Indonesia melalui pariwisata. Alexander Zulkarnain ketua Organizing Comittee Rakernas menambahkan penting sekali para pelaku usaha pariwisata perlu memastikan semua aspek dan faktor CHSE agar menjamin pengunjung mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sehingga bisa kembali lagi mengunjungi pariwisata dan memitigasi resiko yang timbul dari kenaikan dan lonjakan pengunjung terutama saat high season (musim liburan)

Rakernas PUTRI diharapkan menjadi wahana kolaborasi yang produktif antara pemerintah, industri, dan memajukan sektor pariwisata menuju tujuan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi semua.***

Artikel Lainnya

Terkini