Wisman ke Bali Tembus 8.500, Wagub Cok Ace Ingatkan Ketatnya Kompetisi Pariwisata

Sektor pariwisata di Bali semakin menggeliat ditunjukkan dengan indikator kunjungan wisatawan mancanegara sudah mencapai 8.500 orang

9 Juli 2022, 13:44 WIB

Denpasar– Sektor pariwisata di Bali semakin menggeliat ditunjukkan dengan indikator kunjungan wisatawan mancanegara sudah mencapai 8.500 orang. Meski demikian Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengingatkan ketatnya persaingan pariwisata yang harus dicermati.

Diungkapkan olehnya, saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali telah menyentuh angka 8.500 orang.

Angka itu telah mencapai 50 persen jika dibandingkan tingkat kunjungan sebelum pandemi Covid-19. Lebih dari itu, kunjungan wisatawan domestik juga telah menyentuh angka rata-rata sejumlah 14 ribu.

Kendati kondisi makin membaik, ia mengingatkan kalau persaingan dalam sektor pariwisata semakin ketat.

Kompetitor Bali terus bergerak dan tak segan memanfaatkan isu-isu yang bisa menjatuhkan.

“Salah satu isu yang saat ini banyak dihembuskan adalah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti ternak sapi,” tegas Wagub Cok Ace saat membuka kegiatan Sanur Motor Show di Kawasan Pantai Mertasari, Jumat 8 Juli 2022 petang.

Pembukaan pameran yang akan berlangsung hingga 10 Juli 2022 ini juga dihadiri Wali Kota Denpasar IGN. Jaya Negara dan Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana.

Wagub Cok Ace menyambut baik kegiatan pameran motor yang merupakan pendahuluan dari event Sanur Village Festival pada bulan Agustus mendatang.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi bagian penting dalam upaya pemulihan Bali yang saat ini tengah gencar dilaksanakan.

“Pemerintah tak henti menerapkan kebijakan untuk pemulihan Bali. Gerbang dibuka makin lebar dan saat ini telah ada 23 maskapai masuk Bali,” ungkapnya.

Melalui berbagai kebijakan yang ditempuh, sektor pariwisata berangsur pulih.

Menyikapi hal ini, Guru Besar ISI Denpasar ini mengajak seluruh komponen merapatkan barisan dan menepis sentimen negatif dengan kegiatan positif.

“Kue pariwisata terbatas sehingga persaingan akan makin ketat. Mari kita lawan bad news dengan kegiatan positif seperti ini,” ajaknya.

Ketua Yayasan Pembangunan Sanur Ida Bagus Gede Sidharta menyampaikan terima kasih atas sambutan positif yang diberikan Wagub Cok Ace.

Ia menerangkan, kegiatan ini bertujuan mewadahi penggemar dan pemain otomotif yang jumlahnya cukup banyak di Sanur.

“Selain merangkul penggemar otomotif, kita juga beri kesempatan pelaku UMKM dan seniman untuk berpartisipasi dalam pameran,” imbuhnya.

Kegiatan memamerkan 82 motor custom dan 120 motor modifikasi ini tak saja melibatkan peserta lokal, tapi juga dari luar Bali.

Sanur Motor Show ini menjadi pemanasan dari ajang Sanur Village Festival yang akan digelar 17 hingga 18 Agustus 2022 mendatang.

Masih di bulan Agustus, Sanur juga akan menjadi tuan rumah kejuaraan layangan dunia yang rencananya diikuti 60 pemain layangan berkelas dunia dari 25 negara.

Ia berharap berbagai event yang dilaksanakan mampu mempercepat kebangkitan sektor pariwisata Bali.

Pembukaan Sanur Motor Show ditandai pemukulan gong oleh Wagub Cok Ace disaksikan Walikota Jaya Negara dan undangan lainnya. Selepas itu, Wagub Cok Ace berkeliling ke sejumlah stand untuk melihat-lihat motor yang dipamerkan.***

Artikel Lainnya

Terkini