Wow.. Warga Berebut Uang Rp30 Juta di Hari Kuningan

31 Mei 2014, 17:44 WIB

tradisi+mesusiyak+1

KabarNusa.com, Tabanan – Ratusan warga berebut uang rupiah dan dolar yang jumlahnya mencapai Rp30 jutaan dalam tradisi mesuryak yang digelar di Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Bali menandai perayaan Hari Kuningan.

Menurut warga, tradisi yang sudah bertahun-tahun dilakukan sepuluh hari setelah perayaan hari raya Galungan tepatnya pada hari Raya Kuningan seperti digelar Sabtu (31/5/2014).

Kelihan Adat Banjar Pakraman Bongan Gede, Desa Pakraman Bongan Puseh, Tabanan,  I Ketut Nuraga menuturkan,pada pelaksanaan mesuryak kali ini, sedikit berbeda bahkan lebih meriah dari sebelumnya.

Itu tak lain, karena kali ini ada para perantau di luar negeri pulang kampung sembari membawa dolar Amerika yang akan disebar ke udara untuk diperebuatkan warga dari anak-anak sampai orang tua.

Tak ayal, ketika lembaran Dolar Amerika bertebaran di angkasa, wargapun berebut.

Yang mencengangkan, rupanya dalam mesryak, total uang yang disebar hingga tembus Rp30  Juta lebih.

Seorang pemain volley nasional Putu Randu turut berbaur dengan menebar uang mata uang rupiah, beberapa lembar uang Dolar Amerika.

Sebelumnya, prosesi mesuryak dimulai pukul 09.00 Wita sampai pukul 11.00 Wita, diawali persembahyangan dari rumah  dilanjutkan di  merajan (Pura Keluarga Besar), dan   Pura Khayangan Tiga.

Seluruh keluarga besar melangsungkan persembahyangan di meraja memohon keselamatan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, begitu juga kepada para leluhur  yang berada di rumah sejak hari raya Galungan hingga Kuningan.

“Para pemangku atau yang dituakan melantunkan  doa-doa yang akhirnya ditutup tradisi mesuryak,” jelasnya.

Masing-masing keluarga memberikan bekal berupa uang logam mapun kertas. Uang tersebut dilemparkan ke udara kemudian disambut warga lainya.

Tradisi itu bertujuan mengantarkan roh leluhur kembali ke alam sorga.

“Kami antar dengan suka cita bergembira dengan bersorak sambil melemparkan uang ke udara yang diperebutkan banyak orang,” papar dia sembari menyebutkan besaran uangnya disesuaikan kondisi masing-masing keluarga. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini