Asyik, Anak-anak di Tabanan Dapat Menu Ikan Gratis

28 November 2015, 02:00 WIB

Gema%2Bikan%2Bbagi%2Bkotak

Kabarnusa.com-Sebanyak 600 anak yang terdiri dari 565 anak  Sekolah Dasar (SD) dan 35 anak Tingkat Dasar (TK) usai mengikuti Sosialisasi dan Kampanye Gerakan Gemar Makan Ikan (Gemari), mendapat jatah makan siang menu ikan gratis dari Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan, Jum’at (28/11/2015) di Gedung Kesenian Ketut Mario, Tabanan.

Kepala Diskanlaut Tabanan I Made Subagia, menjelaskan tujuan dari gerakan makan ikan ini adalah menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya mengkonsumsi ikan dan meningkatkan gizi anak-anak.

Selain itu, juga untuk meningkatkan pengenalan produk aneka hasil olahan ikan yang telah diproduksi Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLASHAR) Tabanan kepada masyarakat.

Menurut Subagia, makan ikan sangat baik untuk kesehatan karena kandungan protein dan omega-3 bermanfaat bagi perkembangan sel-sel tubuh, mencegah berbagai macam penyakit dan meningkatkan kecerdasan anak-anak.

“Pembagian menu ikan gratis ini untuk memperingati Hari Ikan Nasional II yang jatuh pada 23 November 2015 lalu serta untuk menyambut  dan memeriahkan HUT Kota Tabanan ke-522 ,” terangnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekkab Kabupaten Tabanan, Nyoman Wirna Ariwangsa mengatakan tingkat konsumsi Ikan di Tabanan berdasar statistik tahun 2014, yakni sejumlah 28,4/KG/Kapita/Tahun masih lebih rendah dari tingkat konsumsi nasional sebesar 38 KG/Kapita/Tahun.

Tingkat konsumsi ikan di Tabanan juga masih lebih rendah dibanding tingkat konsumsi ikan provinsi Bali sebesar 32,31 KG/Kapita/Tahun. “Tingkat konsumsi ikan di Tabanan lebih rendah dibanding tingkat konsumsi ikan nasional dan Provinsi Bali,” ujarnya.

Terkait hal itu,  Pemkab Tabanan  menempuh langkah-langkah guna meningkatkan tingkat konsumsi ikan di antaranya dengan pemberdayaan pelaku utama perikanan baik di sektor hulu maupun sektor hilir. Sehingga mampu memproduksi ikan dan membuat aneka olahan ikan yang bergizi tinggi, terjangkau dan digemari masyarakat.

“Pemberdayaan pelaku perikanan dan sektor perlu dilakukan agar dapat meningkatkan minat dan konsumsi ikan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Penjabat Bupati Tabanan   juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat masyarakat untuk mengkampanyekan gerakan gemar makan ikan.

“Melalui kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tabanan, mari kita mengkampanyekan Gerakan Gemar Makan Ikan dengan mengkonsumsi menu ikan setiap hari,” ujarnya. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini