Gempa M5,0 Guncang Seluma Provinsi Bengkulu

Gempa bumi dengan magnitudo (M)5,0 terjadi di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu,  Fenomena ini terjadi sekitar pukul 00.52 WIB dengan pusat gempa berada pada 51 km barat daya Kabupaten Seluma, Jumat (9/9/2022).

10 September 2022, 07:38 WIB

Jakarta – Gempa bumi dengan magnitudo (M)5,0 melanda Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu,  Fenomena alam ini terjadi sekitar pukul 00.52 WIB, berpusat pada 51 km barat daya Kabupaten Seluma, Jumat (9/9/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma melaporkan menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. 

Guna untuk pengecekan potensi dampak kerusakan, Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan.

Wagub Cok Ace Apresiasi Banyak Pihak dalam Penggunaan Transisi Energi Terbarukan di Bali

Kejadian ini tidak menyebabkan warga sekitar panik, dikarenakan gempa dirasakan 4-5 detik di beberapa lokasi rumah warga. 

Aktivitas warga tetap normal pascakejadian. Hingga kini, dilaporkan tidak ada dampak korban jiwa.

Rilis BMKG, parameter gempa M5,0 berdasarkan pemodelan, gempa ini tidak memicu terjadinya tsunami.  

Hadirkan Banyak Sensasi, Timezone Luncurkan Lintasan Bowling “Super Fun” Pertama di Bali

Pihak BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD Seluma dan memonitor situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB. Masyarakat diimbau waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. 

“Pastikan sumber informasi terkait gempa diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan,” tandas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Dr. Abdul Muhari dalam keterangan tertuls. ***

Artikel Lainnya

Terkini