Sampah di Pantai Yeh Gangga Bali Jadi Berkah Warga

22 Januari 2014, 20:53 WIB
Kodim+1619+Tabanan
Aparat TNI Kodim 1619/Tabanan siap bersihkan sampah di Pantai Yeh Gangga (foto:Kabarnusa)

Kabarnusa.com, Tabanan- Bagi warga sekitar Pantai Yeh Gangga Desa Sudimara Kabupaten Tabanan, Bali keberadaan sampah kiriman justru menjadi berkah karena sebagian sampah berupa batangan kayu-kayu itu bisa bernilai uang.

Tidak hanya Pantai Kuta di Kabupaten Badung yang kesohor sampai ke mancanegara, di Kabupaten Tabanan juga menghadapi problem serupa dengan adanya sampah kiriman baik yang terbawa angin laut dari arah tenggara maupun terbawa arus sungai.

Hanya saja, meski sampah mengotori keindahan pantai namun ada juga yang justru bisa menghasilkan uang. Tak heran, batangan kayu berbagai ukuran yang menyatu dengan sampah itu malah menjadi rebutan warga.

“Sampah-sampah berupa kayu glondongan besar, batang dan ranting biasanya saat musim penghujan seperti sekarang terbawa sungai sampai ke Pantai Yeh Gangga,”  kata Babinsa Desa Sudimara Koramil Tabanan Kopral Satu Ketut Durma Wijaya di Tabanan, Rabu (22/1/2014).

Ketika sampah berbagai jenis pohon besar terapung di bibir pantai, mereka beramai-ramai mengambilnya. Mulai batang, dahan atau gelondongan kayu itu kemudian dikumpulkan untuk dijual.

Sebagian lagi, sampah kayu itu dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti memasak hingga dibuat bahan kerajinan.

Makanya tidak heran, setiap turun hujan besar yang biasanya banyak pohon hanyut ke sungai selalu menjadi rebutan warga setempat.

Sedangkan sampah lainnya seperti plastik, ranting dan lainnya lebih banyak dibiarkan, karena jumlahnya cukup banyak sehingga warga kewalahan untuk membersihkan.

“Sampah kiriman di pantai saat musim hujan biasanya dibiarkan, kalau dibersihkan percuma saja, karena nanti akan datang kiriman sampah lagi,” imbuhnya dalam acara “coffe morning” media dengan Dandim 1619/ Tabanan Letkol Inf Rudi Hermawan.

Dikatakan Durma, mengingat tumpukan sampah terus berdatangan setiap hari mau tidak mau warga akhirnya tergerak untuk membersihkan. Apalagi, Pantai Yeh Gangga dikenal selain sebagai tempat pelelangan dan penangkapan ikan juga salah satu obyek wisata di Tabanan.

Untuk itu, Kodim 1619/Tabanan bersama Kepolisian, unsur masyarakat lainnya bersama-sama melakukan gerakan pembersihan sampah di sekitar Pantai Yeh Gangga.

 

Rencananya, 23 Januari, akan dilaksanakan aksi bersih-bersih sampah di sekitar Pantai Yeh Gangga. Kegiatan itu dalam rangka karya bakti memperingati HUT ke 53 Korem 163 Wirasatya.  

“Ada banyak kegiatan digelar seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan, anjangsana, olah raga sekaligus lomba Woodball,”imbuh Dandim Letkol Rudi didampingi Pasintel Kapten Yuda. (nar)

Artikel Lainnya

Terkini