TP PKK Dorong Percepatan Pencegahan Stunting di Tabanan

Percepatan pencegahan stunting menjadi salah satu program unggulan TP PKK Kabupaten Tabanan Bali.

29 Agustus 2022, 23:58 WIB

Tabanan – Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan terus mendorong masyarakat melakukan percepatan pencegahan stunting.

Hal itu menjadi salah satu program unggulan TP PKK bertemakan aksi sosial Menyapa & Berbagi, yang terus digelorakan Ketua TP PKK Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya.

Aksi sosial digelar di dua Kecamatan secara roadshow, yaitu Kecamatan Tabanan dan Kecamatan Kediri, Senin (29/8/2022).

Program Kerja Dalam Rangka Aksi Sosial Menyapa dan Berbagi Kepada Kader PKK Di Kecamatan Se-Kabupaten Tabanan Tahun 2022, bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Diikuti Ketua DWP Kabupaten Tabanan, Sekretaris PKK beserta para anggota, Camat Tabanan, Ketua TP PKK Kecamatan Tabanan, Ketua TP PKK Kecamatan Kediri, Ketua PKK Desa Se-Kecamatan Tabanan, aksi sosial ini disambut sangat antusias masyarakat setempat khususnya para Kader penerima paket sembako.

Kebangkitan di segala sektor telah secara maksimal dilakukan secara gotong-royong dan berkolaborasi dengan semua pihak, baik dari Provinsi, Pemerintah Kabupaten Tabanan dan juga TP PKK Tabanan, Kecamatan, dan Desa.

Salah satunya percepatan capaian vaksinasi booster guna memperkuat imunitas dan menggeliatkan kembali pariwisata di Tabanan, penguatan sektor pertanian, memberi ruang bagi pelaku usaha dengan fasilitas pemasaran, promosi dan digitalisasi IKM/UMKM di Tabanan, hingga ragam aksi sosial.

Pemberian bantuan ini difokuskan bagi 10 Kader PKK Terpilih, yakni di Kecamatan Tabanan dan Kediri.

Dengan jenis bantuan yang diberikan yakni 120 paket di Tabanan dan 150 paket kebutuhan pokok / sembako di Kediri.

Selanjutnya program ini diharapkan akan terus berjalan hingga mencakup ke 133 Desa di Tabanan. Di mana di setiap Desa akan dipilih 10 Kader berikutnya untuk mendapatkan bantuan.

Rai Wahyuni terus mensosialisasikan pentingnya 3 program PKK unggulan seperti program Aku Hatinya PKK, program percepatan pencegahan stunting dan sampah berbasis sumber.

Hal itu dikarenakan ibu-ibu PKK di Desa merupakan ujung tombak kesuksesan program kerja PKK.

“Saya berharap para kader PKK terus kreatif dalam mewujudkan ketahanan pangan keluarga, seperti menerapkan Aku Hatinya PKK, sehingga memiliki nilai ekonomi untuk membantu keluarga, manfaatnya tidak hanya saat covid tapi juga memiliki efek berkelanjutan kedepannya” Ujar Ketua TP PKK Tabanan dalam sambutannya.

“Harapan kami, dengan bantuan ini, bisa bermanfaat bagi para Kader Penerima Bantuan, dan agar selalu menjaga kesehatannya, karena sebenarnya Covid-19 ini belum berlalu, kami senantiasa mengajak untuk selalu menjaga protokol kesehatan” imbuhnya.

Pihaknya juga terus berpesan agar para Kader di Desa semakin rajin untuk sosialisasi ke bawah dan dengan sinergi yang baik maka program akan berjalan dengan lancar.

Aksi menyapa dan berbagi ini mendapat respon baik dan tentunya sangat ditunggu oleh para Kader, disampaikan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Tabanan dan Kediri, bahwa kehadiran Rai Wahyuni Sanjaya dalam aksi ini merupakan pacuan semangat bagi para Kader dalam melaksanakan tugas sebagai PKK.

“Aksi ini dapat memperbaiki perekonomian masyarakat terutama Kader yang sempat terpuruk karena pandemi, kami sangat bersyukur di tengah-tengah kesibukan Ibu, bisa berkesempatan langsung menyerahkan bantuan kepada kami,” tuturnya.

Sagung Mas Ary Indrayanthi selaku Ketua TP PKK Kecamatan Tabanan. berterima kasih atas bantuan dan kehadiran Ketua PKK Tabanan untuk berbagi kasih.***

Artikel Lainnya

Terkini