Warga Serbu Pasar Murah, Bupati Dana : untuk Memenuhi Kebutuhan Pokok Jelang Hari Raya dan Cegah Inflasi

Pasar murah seperti di Desa Jungutan yang dibanjiri warga kata Bupati Karangasem Gede Dana tak lain untuk memenuhi kebutuhan pokok menjelang hari raya dan menekan laju inflasi.

15 Maret 2023, 20:16 WIB

Amlapura– Bupati Karangasem I Gede Dana menegaskan digelarnya pasar murah seperti di Desa Jungutan yang dibanjiri warga tak lain untuk memenuhi kebutuhan pokok menjelang hari raya dan menekan laju inflasi.

Kantor Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem ramai didatangi warga. Masyarakat berbondong bondong membeli beberapa jenis bahan pokok yang dijual di Pasar Murah yang digelar Pemkab Karangasem Kamis 16 Maret 2023.

Bupati Gede Dana memantau langsung pelaksanaan pasar murah ini. Dalam wawancara bersama Tim Media dan Prokopim Karangasem, Bupati Gede Dana mengaku sangat senang melihat antusias warga memanfaatkan pasar murah untuk mendapatkan kebutuhan dengan harga terjangkau.

“Selain untuk meningkatkan daya beli masyarakat, kegiatan seperti ini akan terus diupayakan sebagai langkah mencegah inflasi,” tandas Bupati Gede Dana.

Pemkab Karangasem melalui Dinas Koperasi,UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem melalui Bidang Perdagangan menggelar pasar murah di 8 ( delapan ) Kecamatan dari tanggal 8 Maret sampai 26 Maret 2023.

Mengingat perayaan hari Raya Nyepi dan bulan puasa yang hampir bersamaan dipastikan kebutuhan bahan pokok masyarakat akan meningkat.

Bahkan belakangan beberapa harga komoditas juga mulai meningkat, yang bisa menimbulkan peningkatan inflasi, untuk mencegah hal inilah maka kami menggelar Pasar Murah hampir di seluruh kecamatan di Karangasem,” terangnya.

Pasar Murah digelar melibatkan 6 Distributor diantaranya PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia ( PPI) PT. Gabungan Import Export Bali ( GIEB ), Perum BULOG, PT. Ni Luh Kartika Sari, PT. Indomarco Prismatama dan Distributor Sembako ( Sayur dan Bumbu ).

Kegiatan Pasar Murah ini merupakan yang ke 5 setelah Kecamatan Kubu, Abang, Rendang dan Manggis untuk selanjutkan akan diadakan di Kecamatan Karangasem, Sidemen dan Selat.

Di 4 (empat) Kecamatan tersebut masyarakat antusias sekali dengan adanya pasar murah , dilihat dari hasil penjualan yang diperoleh para Distributor seperti di Kecamatan Kubu hasil penjualan sebesar Rp. 27.610.800,

Di Kecamatan Abang hasil penjualanya sebesar Rp. 33.206.500, di Kecamatan rendang hasil penjualan sebesar Rp. 33.979.800 dan Kecamatan Manggis hasil penjualan sebesar Rp. 21.759.800..

Dalam Pasar Murah ini masyarakat bisa membeli beras dengan harga Rp.43.000 / 5 kg sedangkan harga di pasar berkisar 50.000 s/d 55.000 per 5 kg., untuk LPG Tabung 3 kg harga Rp. 16.000 sedangkan di pasar berkisaran Rp. 20.000 per tabung. ***

Artikel Lainnya

Terkini