Cegah Erosi, Hijaukan Hutan Lindung di Humbang Hasundutan

Hutan Lindung di Kabupaten Humbung Hasundutan, Sumatra Utara dihijaukan dengan penanaman berbagai pohon dan tanaman untuk mencegah erosi

4 Februari 2022, 07:55 WIB

Pihaknya berharap melalui kegiatan penanaman pohon ini, nantinya kawasan yang ada di sekitar Desa Simangulampe, Kabupaten Humbang Hasundutan dapat terjaga dengan baik, termasuk mengurangi terjadinya .

Diharapkan, kawasan hutan lindungnya terjaga, erosinya juga menjadi berkurang ataupun tidak terjadi , dan masyarakat tetap bisa memanfaatkan hasil tanaman dari hasil rehabilitasi hutan ini.

Tanam yang ditanam dengan jenis hasil hutan bukan kayu yang bisa dimanfaatkan buahnya atau hasil yang lainnya.

Menko Luhut Tinjau Kesiapan Infrastruktur Venue G20 di Bali

Juwita Sitorus, salah seorang warga yang juga petani di Desa Simangulampe, berharap kegiatan penanaman pohon ini dapat memberikan banyak manfaat nyata bagi masyarakat sekitar, mulai dari meningkatnya kesejahteraan hingga terhindar dari bencana banjir.

“Bagus, jadi masyarakat Simangulampe nanti biar makin maju, makin sejahtera. Jadi kalau di pegunungan ini ditanami pohon, daerah kita itu makin sejuk, terhindar dari bencana terutama banjir. Kita kan di daerah pegunungan ya, jadi kita senang sekali program ini,” ujar Juwita.

Togu Simorangkir, aktivis lingkungan berharap kegiatan penanaman pohon ini memiliki tindak lanjut dalam jangka panjang. Ia tidak ingin pohon tersebut hanya ditanam namun tidak dirawat dengan baik sehingga mati dan tidak dapat memberikan manfaat.

Moeldoko Tunjuk Made Edi Wirawan Pimpin HKTI Bali

Artikel Lainnya

Terkini