Pedas Empuknya Bebek Kwali Bikin Lidah Bergoyang

5 April 2014, 17:32 WIB
bebek+kwali+sadewo
Menu bebek bakar dan goreng sadewo warung rasa mantap (Foto:KabarNusa)

KabarNusa.com, Denpasar –  Kuliner bebek kian diminati masyarakat tak heran jika banyak rumah makan atau restoran yang menyajikan menu bebek sabagai andalannya seperti warung rasa mantap.
 

Jika Anda tengah berada di Bali, tak ada salahnya mencicipi bebek kwali Sadewo di Jalan Raya Puputan Renon, Denpasar atau kompleks Pengadilan Militer Kodam IXUdayana.

Sri Widiastuti pemilik warung rasa mantap Sadewo, menjelaskan, beragam menu kuliner nusantara mulai bebek, ayam hingga ikan laut, disajikan untuk memberi pilihan bagi pengunjung.

Menu bebek kwali goreng atau bakar menjadi menu andalan dan banyak diburu pengunjung.

“Sesuai namanya, bebek kwali ini semua proses masaknya daging bebek dibuat dalam kwali,” jelasnya didampingi Manager Restoran Rasa Mantap Tini Rofiqi ditemui wartawan Sabtu (5/4/2014).

Kata dia, bahan kwali yang terbuat dari tanah liat itu, sengaja didatangkan dari Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Untuk membuat menu bebek kwali hampir sama seperti bumbu-bumbu yang dipakai kaya akan rempah-rempah.

Bahan wajib untuk memasak daging bebek yakni bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit dan rempah-rempah lainnya.

Usai semua bumbu diuleg atau dihaluskan bersama dengan daging bebek yang dipotong sesuai ukuran kemudian direbus dalam kwali dan diungkep atau ditutup, sampai benar-benar mendidih.

Setelah api dimatikan, biarkan sampai waktu 15 menit, baru daging bebek ataupun ayam diangkat.

Dengan bumbu yang dimasak lewat kwali itu bisa menghilangkan rasa amis dan membuat daging lebih empuk.

“Untuk membuat daging empuk, tidak perlu menggunakan cara modern seperti dipresto yang membuat seluruh tulangnya sampai hancur atau remuk,” jelas pengusaha asal Wonogiri Jawa Tengah itu.

Cara alamiah dipilih memakai kwali agar serat daging bebek yang dikenal sangat alot jika dimakan berubah menjadi empuk.

Setelah daging bebek selesai direbus, siap untuk dimasak baik dibakar atau digoreng sesuai pesanan.

Satu potong daging bebek yang dibandrol Rp 20 ribu. Jika ingin lebih banyak terutama biar dimakan bersama teman atau keluarga bisa memesan satu ekor bebek goreng atau bakar utuh seharga Rp70 ribu.

Tidak hanya bebek dan nasi yang siap disantap, pengunjung bisa menjajal sambal pedas dan kangkung plecing.

Sambal dipastkan memberikan sensasi rasa lebih seru karena dibuat bahan-bahan mentah seperti kangkung lombok, trasi, cabai merah, tomat, dan kacang tanah yang telah digoreng.

Salah satu rasa khas yang dijual di warung ini adalah empuknya daging dan rasa pedas hijau yang benar-benar mantap.

Jika penggemar pedas, tentu bisa berlama-lama menikmati menu kuliner dan bisa membuat ketagihan.

Bagi yang kurang suka pedas, tinggal mengurangi jumlah atau porsi sambalnya. Semua menu disasijikan tidak diatas piring berbahan kaca, melainkan tembikar yang berbahan tanah liat, sehingga memberi nuansa dan sentuhan tradisional cukup kuat.

Tutik mengaku, sejak dikenalkan tahun 2007 lalu, bebek kwali mulai digemari dan lekat di lidah masyarakat termasuk wisatawan yang berlibur ke Pulau Dewata. (rma)

Artikel Lainnya

Terkini