Aceh Dukung Blora Usulkan Gelar Pahlawan Nasional Pocut Meurah Intan

Pemerintah Kabupaten Blora dan Provinsi Aceh sepakat mengusulkan gelar pahlawan nasional dan pemuliaan makam Pocut Meurah Intan yang ada di Blora.

20 Juni 2022, 06:09 WIB

Blora – Pemerintah Kabupaten Blora dan Provinsi Aceh sepakat mengusulkan gelar pahlawan nasional dan pemuliaan makam yang ada di Blora.

Hal itu terungkap saat kunjungan Bupati Blora dan Wakil Arief Rohman – Tri Yuli Setyowati, Sekda Komang Gede Irawadi, dan beberapa OPD terkait ke Aceh selama dua hari Selasa 14-15 Juni lalu.

Kedua pemerintahan daerah itu sepakat melakukan upaya percepatan pengusulan gelar pahlawan nasional dan pemuliaan makam yang ada di Blora.

Tidak hanya itu, dalam pertemuan terwujud kerja sama antara Aceh dan Blora di bidang pembangunan bidang pariwisata dan kebudayaan.

Menurut Bupati Blora Arief Arief yang disapa Mas Arief, pihaknya diajak berdiskusi dengan Gubernur Aceh, Nova Iriansyah banyak hal termasuk upaya percepatan pengusulan gelar pahlawan nasional dan pemuliaan makam yang ada di Kabupaten Blora

mengungkapkan, Aceh dan Blora memiliki hubungan erat dengan adanya Pocut Meurah Intan, sosok pejuang kemerdekaan asal Aceh yang makamnya ada di Blora.

“InshaAllah Pemprov Aceh dan Pemkab Blora sepakat untuk bersama sama memuliakan makamnya, sekaligus mengusulkan ke Pemerintah Pusat menjadi Pahlawan Nasional, kita juga telah menemukan makam anaknya,’’ tandas dilansir dari laman Blorakab.go.id.

Nantinya, makam anak Pocut Meurah Intan, bisa diupayakan untuk dijadikan misalkan dalam satu komplek. Yang jelas saat ini Tim khusus telah terbentuk dari lintas OPD.

“Harapannya ke depan Makam Pocut bisa menjadi daya tarik wisata religi di Kabupaten Blora,” sambung sembari menambahkan hal itu seiring seringnya warga Aceh berziarah ke Blora.

Setelah Pocut Meurah Intan, InshaAllah ke depan hal yang sama, usulan menjadi pahlawan nasional juga akan diupayakan untuk Mbah Samin Surosentiko yang makamnya ada di Sawahlunto, Sumatera Barat.

, menyambut baik dukungan Pemkab Blora dalam upaya pemuliaan makam Pocut Meurah Intan yang merupakan tokoh pejuang perempuan dari bumi Serambi Mekah itu.

“Terimakasih Pak Bupati dan rombongan yang telah hadir ke Aceh. Dengan adanya perjanjian kerjasama ini, InshaAllah kita dari Aceh akan siap membantu pembangunan komplek makam Pocut Meurah Intan,’’ papar Gubernur Nova Iriansyah.

Aceh sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Pemkab Blora yang telah konsisten untuk mengusulkan gelar pahlawan bagi Pocut.

“Dengan pengalaman pengajuan gelar pahlawan bagi Malahayati, kita yakin nanti pengusulan gelar pahlawan bagi Pocut juga bisa kita usahakan bersama, semoga berhasil,” ungkap Gubernur Nova Iriansyah. ***

Artikel Lainnya

Terkini