Bali Tertarik Kerja sama Penguatan SDM hingga Pertukaran Ketrampilan dengan Rumania

Kerja sama untuk memperkuat Sumber Daya Manusia melalui pertukaran ketrampilan antara masyarakat dari negara masing-masing tengah dijajaki Pemerintah Provinsi Bali dengan Rumania.

2 Maret 2024, 11:04 WIB

Denpasar – Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya tertarik melakukan Kerja sama dengan pemerintah Rumania untuk memperkuat Sumber Daya Manusia SDM melalui pertukaran ketrampilan antara masyarakat dari negara masing-masing.

Hal itu ditegaskan Mahendra Jaya saat menerima kunjungan Duta Besar Rumania untuk Indonesia H.E. Mr. Dan Adrian Balanescu yang saat itu didampingi oleh Konsul Jenderal Kehormatan untuk Rumania di Bali Dr. Yoga di Ruang Tamu Kediaman Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, pada Jumat 1 Maret 2024.

Kunjungan guna mendiskusikan kemungkinan penguatan Kerja sama di berbagai bidang antara Bali dan Rumania, serta mendiskusikan Kerja sama Sister Province antara Bali dan Arges di Rumania.

Sekda Dewa Indra Persilakan Kabupaten dan Kota Manfaatkan Lahan Pemprov Bali Dukung Ketersediaan Bahan Pangan

Kepada Mahendra Jaya, Dubes Dan Adrian Balanescu menjelaskan, Bali sangat terkenal di kalangan masyarakat Rumania, dan menjadikan Pulau kecil ini sebagai destinasi liburan favorit oleh warganya.

Pihaknya juga ingin mengundang masyarakat Bali untuk mengunjungi Rumania terutama Arges yang terletak di pegunungan serta memiliki kekayaan alam yang unik.

“Untuk itu kami ingin memperkuat Kerjasama di bidang travel agent,” jelasnya.

Polres Tabanan Ungkap Kasus Narkoba dan Curat

Dalam pertemuan dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Gede Arya Sugiartha, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali I Ketut Sukra Negara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali I Wayan Sunada, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Bali Dr. KN Boy Jayawibawa dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun.

Dan Adrian Balanescu juga menawarkan berbagai kerjasama seperti kerjasama bidang pertanian.

Dengan tekstur tanah yang berlereng di kota Arges, Rumania juga terkenal sebagai salah satu penghasil anggur terbaik di Eropa. Sehingga ia pun ingin membangun Kerjasama ekspor impor dengan hasil pertanian di Bali.

Dekorasi dan Ornamen Unik Perayaan Galungan dan Kuningan Sambut Penumpang di Bandara Ngurah Rai

Sementara di bidang Pendidikan, pihaknya mengaku ingin mengembangkan Kerja sama antara Universitas Udayana dengan Universitas di Arges.

“Mungkin dalam bentuk pertukaran SDM seperti dosen dan profesor serta pertukaran mahasiswa,” imbuh Dan Adrian Balanescu.

Pada masa mendatang, ia juga ingin mengajak masyarakat Bali untuk bekerja di Rumania, begitu juga sebaliknya, karena pertukaran keterampilan dari kedua belah pihak juga dipandang penting.

Nasi Tempong Lalah Hadir di Kuta, Sambal Pedas Bumbu Segarnya yang Bikin Nagih

Pihaknya juga ingin mengundang Pj. Gubernur beserta jajaran untuk berkunjung ke Arges beserta menandatangani MoU Sister Province.

‘Untuk keberlanjutan Kerja sama kita,” tutup Dan Adrian Balanescu.

Pj. Mahendra Jaya menanggapi seraya mengapresiasi berbagai dukungan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Rumania untuk Bali. Bali merupakan pulau kecil yang tidak memiliki Sumber Daya Alam seperti mineral maupun batubara, namun Bali memiliki keunikan budaya dan alam yang mempesona serta masyarakat yang ramah, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata favorit dunia.

PDI Perjuangan Tabanan Buktikan Kandang Banteng, Raih 31 Kursi Dewan

Ia mengutarakan ketertarikannya untuk memperkuat Kerja sama ini, terutama memperkuat SDM Bali melalui pertukaran keterampilan antara masyarakat dari negara masing-masing.

Menurutnya Bali mempunyai bonus demografi, dimana warga berusia produktif yang cukup banyak.

“Sehingga kami akan upayakan langkah-langkah konkret agar anak-anak kami bisa bekerja di Rumania,” demikian Mahendra Jaya. ***

Artikel Lainnya

Terkini