Jaring Wisatawan, Nusa Dua Fiesta Tampilkan Keragaman Nusantara

6 Oktober 2015, 07:42 WIB

P 20151005 092929

Kabarnusa.com – Ajang tahunan Nusa Dua Fiesta kembali digelar tahun ini dengan mengusung keanekaragaman seni budaya, industri UKM, olah raga hingga hiburan dari berbagai daerah nusantara yang diharapkan ajang promosi dalam menjaring wisatawan.

Untuk kesembilan belas kalinya, ajang bergengsi yang melibatkan industri pariwisata di kawasan Nusa Dua dan sekitarnya itu,  akan menjadi hiburan dan suguhan menarik tidak hanya bagi masyarakat namun juha wisatawan yang tengah berlibur ke Pulau Dewata.

Ketua Panitia NDF Ida Bagus Abdhi menuturkan, kegiatan yang berlangsung di kawasan Nusa Dua itu, tak lain untuk terus mempromosikan kekayaan alam Indonesia yang beranekaragam lewat seni pertunjukkan, pameran kesenian dan kerajinan.

Sejumlah daerah menyatakan kesediannya hadir mulai Aceh, Sumatra Utara hingga beberapa provinsi di Kalimantan dan Sulawesi.  Pihaknya memberikan kesempatan kepada para seniman dari berbagai daerah menampilkan hasil kreativitas mereka di panggung NDF.

“NDF inii juga bertujuan melestarikan lingkungan dalam kegiatan Beach clean up di Pantai kawasan Nusa Dua,” ujarnya saat konferensi pers di Bali Nus Dua Convention Center (BNDC) Senin 5 Oktober 2015.

Disebutkan, kegiatan terbagi dalam lima kategori yakni muic celebration, competition, cultural show, exhibition dan sport yang berlangsung sejak 9-13 Oktober 2015.

Kata Abdi, animo masyarakat untuk datang ke NDF dari tahun ke tahun mengalami peningkatan di mana tahun lalu tercatat 46.077 orang.  “Sebanyk 4741 diantaranya adalah wisatawan asing,” imbuhnya.

Diharapkan, tahun ini akan terjadi peningkatan jumlah pengunjung baik wisatawan lokal maupun asing. Bahkan, pihaknya telah memberikan repeater guest award sebagai wujud apresiasi kepada pengunjung setia di Nusa Dua.

Pada kegiatan sekarang, akan berbeda dengan perhelatan NDF sebelumnya, karena akan lebih menonjolkan selebrasi musik dengan menampilkan musisi-musisi kenamaan baik lokal maupun nasional.

Sebut saja, musisi dan genre lagu classic, rock, world music, reggae dan blues akan ditampikan menghibur pengunjung. Sebagai contoh genre blues akan ditampilkan Sun Down blues on stage dari para band yang akan tampil di International Bali BLues Festival 2016.

Selain itu, musisi kenamaan Bali Balawan dan Gus Tedja akan menghipnotis penggemarnya lewat cabikan bas dan tiupan seruling khas yang akan menyayat hati penonton. Tidak hanya itu, DJ Kesha asal Inggris yang masuk jajaran 100 top DJ dunia dan musisi reggae asal Amerika Afro Moses akan dihadrikan di ajang NDF.

Kegiatan lainnya juga bisa dinikmati pengunjung seperti berbagai kompetisi fotografi, body painting dan lainnya. Juga, cultural show lewat parade budaya yang melibatkan hotekl-hotel di Nusa Dua dengan tema love, peace and harmony.

“Ada iuga Sport Tourism sebagai daya tarik wisatawan untuk datang ke Bali berkolaborasi dengan Starwood Hotels dalam charity run pada 11 Oktober dengan tema run to give 2015,” imbuhnya.

Hasil penjualan tiket akan didonasikan untuk pembangunan bedah rumah di beberap daerah di Bali.

Tak ketinggalan pesta kuliner menampilkan, kompetisi memasak yang mengusung cita rasa khas Bali. Juga kompetisi kuliner fruit carving, live cooking competition.

Juga, pameran Dinas Pariwisata dari berbagai daerah di Tanah Air dengan total stand mencapai 36 unit yang menampilkan hasil kerajinan daerah Aceh, Kalimantan dam lainnya. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini