Lulusan SUPM KKP Diharapkan Bangun Wirausaha Ciptakan Lapangan Kerja

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengharapkan lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Tegal Jawa Tengah bisa membangun kemandirian menciptakan lapangan kerja.

18 Juni 2022, 10:16 WIB

Tegal – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengharapkan para lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Tegal Jawa Tengah bisa membangun kemandirian menciptakan lapangan pekerjaan hingga siap masuk dunia kerja.

Kepala Badan Riset dan Sumber daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) I Nyoman Radiarta menyampaikan harapannya, saat menghadiri wisuda 147 peserta didik Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Tegal di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Kamis (16/6/2022).

Wisudawan diharapkan mampu cepat beradaptasi dengan dunia kerja atau menciptakan lapangan kerjanya sendiri dengan menjadi wirausahawan.

KKP Pastikan Rehabilitasi Lingkungan Perikanan Budidaya Efisien dan Berkelanjutan

“Menghasilkan lulusan yang unggul dan berjiwa wirausaha menjadi acuan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan kita, sehingga lulusan dapat diterima dengan mudah di dunia usaha dan industri, serta dapat menciptakan kemandirian dalam usaha di bidang kelautan dan perikanan,” ujar Nyoman Radiarta.

Para wisudawan berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, hingga Papua. Selama tiga tahun bersekolah di SUPM Tegal, mereka belajar dengan skema Teaching Factory (TEFA) sehingga dapat merasakan langsung lingkungan dan suasana kerja baik di sektor budidaya perikanan, pengolahan maupun kapal penangkap ikan.

Mereka mengantongi beragam sertifikat keahlian dan keterampilan, di antaranya ANKAPIN Tingkat II, BST, ATKAPIN Tingkat II, HACCP, hingga sertifikat MPM CPIB.

KKP Segel 4,7 Ton Ikan Ilegal asal Tiongkok dan Malaysia

Artikel Lainnya

Terkini