TNI Tabanan Bantu Petani Tanam Padi

7 Desember 2015, 22:27 WIB
TNI%2BTanam%2Bpadi
Anggota TNI dari Koramil 1619-01/Tabanan  membantu petani tanam padi

Kabarnusa.com – Dalam rangka program pendampingan peningkatan produksi padi, Anggota TNI dari Koramil 1619-01/Tabanan membantu petani menanam bibit padi Ciherang di Subak Gunggungan, Banjar Sekartaji, Desa Sesandan, Tabanan, Bali, Senin (7/12/2015).

Terkait kegiatan tersebut, Pekaseh Subak Gunggungan Nengah Sudirta memberikan apresiasi dan menyatakan rasa terima kasihnya atas bantuan tenaga dari anggota TNI di Tabanan selama ini.

“Bapak-bapak TNI di Tabanan telah banyak membantu kami. Baik itu saat pengolahan sawah, gotong royong membersihkan saluran irigasi, penggropyokan tikus, panen padi dan saat ini tanam padi,” katanya berterus-terang.

Menurut Sudirta, dengan adanya bantuan dari TNI, pihaknya merasa sangat terbantu sehingga pekerjaan bisa selesai lebih cepat. “Tenaga untuk tanam padi belakangan ini memang sudah semakin jarang. Dengan adanya bantau tenaga dari TNI, pekerjaan bisa lebih cepat selesai,” katanya.

Ditanya tentang lahan yang akan ditanami padi di subaknya, menurut Sudirta totalnya seluas 64 ha. namun untuk bulan Desember ini luasnya sekitar 22 ha. Sedangkan yang 44 ha lagi diperkirakan akan ditanami secara bertahap sesuai ketersediaan air. “Sampai saat ini, yang sudah ditanami bibit padi luasnya sekitar 22 ha,” katanya, Senin (7/12/2015).

Sementara itu, Danramil 1619-01/Tabanan Kapten (Inf) Yudha Wicaksono ditemui di sela-sela kegiatan tanam padi mengungkapkan, kegiatan gotong-royong tanam padi yang dilakukan anggotanya bersama petani di Subak Gunggungan ini merupakan kegiatan pendampingan untuk mensukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan.

Yudha berharap, dengan adanya bantuan dari TNI ini, petani  bisa lebih termotivasi untuk meningkatkan produksi padinya. Selain di Subak Gunggungan, kegiatan gotong-royong tanam padi juga dilakukan di subak lainnya di Kecamatan Tabanan.

“Kami siap membantu petani untuk mensukseskan program peningkatan produksi. Kegiatan tanam padi ini juga sebagai tindak lanjut dari Surat Telegram Kasad tanggal 4 Desember 2015 tentang pelaksanaan tanam padi serentak,” paparnya. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini