Wapres Ma’ruf Amin Minta Kadin Fasilitasi Peningkatan Kapasitas dan Digitalisasi UMKM

Menurut Ma'ruf Amin, ada dua model kolaborasi untuk membesarkan usaha skala menengah. Pertama, UMKM terus difasilitasi agar kapasitas, keterampilan dan akses modal serta kemampuan digitalisasinya meningkat, seperti di Singapura dan Korsel.

4 Desember 2021, 19:59 WIB

Badung dan Industri atau Indonesia diminta membantu memfasilitasi agar semakin meningkat kapasitas, keterampilan dan akses modal serta kemampuan digitalisasinya seperti di Singapura dan Korsel.

“Tidak ada cara lain untuk mendorong usaha menengah dan besar terus tumbuh kecuali melalui kolaborasi dan kerja sama. Ini jadi tanggung jawab kita, pemerintah dan juga dunia usaha, khususnya Indonesia,” ujar Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin saat menutup Rapimnas, Indonesia di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Sabtu (4/12/2021).

Menurut Ma’ruf Amin, ada dua model kolaborasi untuk membesarkan usaha skala menengah. Pertama, terus difasilitasi agar kapasitas, keterampilan dan akses modal serta kemampuan digitalisasinya meningkat, seperti di Singapura dan Korsel.

Forum Bisnis Kadin, Menteri Bahlil Lahadalia: Investasi di Luar Jawa Meningkat Pesat

Kedua, kolaborasi intensif semua pelaku usaha dari mikro, makro, menengah dan besar sehingga bisa saling menguatkan seperti yang dilakukan di Jepang dan Taiwan. Hebatnya lagi, kata Wapres, dua model ini sudah langsung dilakukan Indonesia.

Dalam pidato penutupan Rapimnas Indonesia, Sabtu (4/12/2021) Wapres Ma’ruf Amin mengucapkan selamat atas terselenggaranya Rapimnas 2021 yang sudah berjalan selama 3 hari ini.

Saat ini distribusi kesejahteraan dan menumbuhkan wirausahawan baru menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah agar keadilan sosial dirasakan secara konkret oleh masyarakat.

Presiden Jokowi Minta Kadin Detilkan Pendampingan UMKM hingga Transformasi Ekonomi

Artikel Lainnya

Terkini