Women20 Presidensi Indonesia Dorong Komitmen Dunia Perjuangkan Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan

Women20 (W20) Presidensi Indonesia memfokuskan kepada upaya memperjuangkan kesetaraab gender dan pemberdayaan perempuan

11 Februari 2022, 06:45 WIB

Jakarta– Fokus prioritas (W20) Presidensi Indonesia tahun 2022 adalah mendorong para pemipin negara atau pemerintahan untuk memperjuangkan dan .

Sebagai salah satu Engagement Group dari Group of Twenty (G20), W20 berharap para pemimpin negara/pemerintahan menempatkan dan sebagai pusat diskusi global dalam jalur pemulihan ekonomi pasca Covid-19, mempromosikan pembangunan berkelanjutan, dan investasi untuk pertumbuhan inklusif.

“W20 Presidensi Indonesia ingin mendorong komitmen para pemimpin negara/pemerintahan untuk menempatkan kesetaraan gender dan sebagai pusat diskusi global terkait pemulihan ekonomi pasca Covid-19,” kata Chair Women20 Indonesia, saat Women 20 dan Media Update, Kamis (10/2/2022)

G20 Empower dan Women20 Dorong Potensi Perempuan Pulihkan Ekonomi

Selain itu juga butuh komitmen untuk mengurangi diskriminasi terhadap perempuan untuk berpartipasi aktif dalam pemulihan masa pandemi Covid-19.”

Ditambahkan, W20 Presidensi Indonesia juga ingin mendorong para pemimpin negara-negara G20 untuk membuka akses perempuan untuk dapat berpartisipasi aktif dalam perekonomian. Perlu juga dipastikan tidak ada lagi perempuan yang termarjinalisasi dalam pemulihan pembangunan, dan terakhir perlunya membuka akses setara dalam layanan kesehatan bagi perempuan.

“Misi utama W20 Presidensi Indonesia adalah untuk mempengaruhi komitmen tingkat tinggi yang akan dikeluarkan pada G20 Summit (Communique) agar memuat agenda dan kesetaraan gender di negara-negara G20. Apalagi, pada beberapa Kepresidenan G20 sebelumnya, fokus gender dalam keseluruhan deklarasi masih kecil, tidak pernah melebihi 8 persen,” imbuh .

Menteri Erick Thohir Dorong Program Banjar Creative Space Bangkitkan Ekonomi

Artikel Lainnya

Terkini