Parade Budaya Semarakkan Sanur Village Festival 2016

28 Agustus 2016, 22:25 WIB

parade budaya sanur festival 2016

DENPASAR – Parade Budaya yang diikuti sekitar 1.000 peserta mengawali rangkaian upacara penutupan di hari terakhir Sanur Village Festival (SVF) XI/2016, Minggu (28/8/201/).

Marching Band Gita Merdangga dari SMP Wisata Sanur mengawali parade yang mengambil start di sekitar Shankara Resto menuju lokasi S‎VF. Kemudian pawai ini diikuti peserta parade yang terbagi dalam 9 kelompok dengan masing-masing 100 orang.

Peserta parade di antaranya dari 36 hotel yang berada di kawasan Sanur, Yayasan Pembangunan Sanur, Kelurahan Semawang, Desa Sanur Kaja dan Desa Sanur Kauh. Masing-masing peserta den‎gan busana adat dan unjuk kreasi saat melewati panggung VIP, sebelum ke lokasi festival di Lapangan Maisonette Inna Grand Bali Beach Sanur.

Seusai pawai budaya, acara dilanjutkan dengan parade beleganjur di panggung utama. Parade beleganjur ini diikuti peserta dari tiga desa dan kelurahan di Sanur. Acara ini dirangkaiakan dengan acara penyerahan hadiah dan seremonial penutupan festival.

Ketua Harian SFV Ida Bagus Wisnu Diwangkara mengatakan ‎selama lima hari festival mendapat sambutan yang luas dari masyarakat, ditunjukkan animo tinggi pengunjung, baik wisatawan domestik maupun internasional. ‎

“Kendati demikian, kami akan melakukan evaluasi dan terus meningkatkan kualitas festival yang ditujukan untuk melestarikan warisan budaya dan sekaligus memelihara citra Sanur serta promosi pariwisata Bali,” katanya.

Penutupan festival ditandai pelepasan balon LED yang dilakukan secara bersamaan oleh Wakil Wali Kota ‎Denpasar Jayanegara, Ketua Umum Yayasan Pembangunan Sanur Ida Bagus Gde Sidharta Putra dan para tokoh lainnya.

Panggung hiburan tadi malam juga diramaikan dengan tari kolosal garapan Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Selain itu ada penampilan musisi Glen Fredly & Bakuucakar, sajian musisi taun rumah The Bodhi & Rehhae Movement, Smal Axe & Reggae Movement serta Joni Agung n Double T Allstars.

Festival tahunan yang digelar sejak Rabu (24/8/2016) ini diisi berbagai program yang melibatkan dan ditonton puluhan ribu orang. Beberapa mata acara yang telah digelar di antaranya Bali Triathlon, turnamen tenis, turnamen fustsal, Sanur Golf Open Turnament,  Sanur Village Cycling, food estival, pameran seni rupa, pameran fotografi, kompetisi Balap Jukung,‎ festival layang-layang, dan yoga.

Selain itu ada pula bersih-bersih pantai, pelepasan tukik, coral plantation, berbagai ragam olahraga air, turnamen mancing, aneka games, food bazar, ‎dialog budaya, m‎alam pertunjukkan dan musik, p‎emutaran film (Balinale), Sanur Kreatif Expo, atransi pahat es, ‎grape stomping, l‎mba burung berkicau,dan parade budaya. ‎

Artikel Lainnya

Terkini