SAR Denpasar Kenalkan Peralatan Evakuasi Bencana di Usia Dini

9 Februari 2017, 16:40 WIB

IMG 20170209 WA0101

JIMBARAN – Kantor SAR Denpasar mengenalkan keberadaan peralatan dalam tugas dan fungsi penyelamatan dan penanganan terhadap suatu bencana kepada anak-anak sejak usia dini. Usia dini merupakan periode emas bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan dan mendapatkan pembelajaran yang berarti.

Untuk itu sejumlah murid-murid PAUD Blue Dolphin Playskool didampingi beberapa pengajar melakukan kunjungan ke Kantor SAR Denpasar di Jimbaran Badung, Kamis (9/2/2017). Koordinator pengajar pendamping Eka Dwi Stiarsih mengatakan, kunjungan itu merupakan program dari Blue Dolphin Playskool untuk mendekatkan anak-anak pada tugas dan fungsi seorang rescuer/Tim SAR.

“Kami ingin mengenalkan peralatan-peralatan yang dimiliki SAR Denpasar,” terang Dwi. Sementara, Kasi Potensi SAR Kantor SAR Denpasar Sri Wardoyo menyambut baik kunjungan dari Blue Dolphin Playskool, di mana pada usia dini merupakan masa perkembangan anak baik sosial maupun emosional.

IMG 20170209 WA0103

“Rasa ingin tau memang sangat tinggi dimiliki pada anak pada usia dini” terang Sri Wardoyo. Dalam kunjungan itu, mereka diputarkan film kartun tentang pengetahuan menghadapi musibah/bencana seperti gempa bumi, tsunami dan banjir agar mudah tertanam pada motorik mereka.

“Beberapa peralatan keselamatan juga kita perkenalkan kepada mareka agar mudah dipahami cara penggunaannya” imbuh Widodo.

Selama kunjungan itu, tampak keceriaan mulai tampak di wajah mereka ketika murid-murid diajak menaiki kendaraan ATV yang biasa ginukan untuk melakukan evakuasi di medan terjal dan bebatuan.Pada aakhir kegiatan diserahkan buku SAR Goes To School kepada perwakilan Blue Dolphin playskool. (gek)

Artikel Lainnya

Terkini