Senator Mervin Optimis Pilkada Papua Barat Berjalan Demokratis

13 Februari 2017, 17:41 WIB
mervin%2Bkomber
Anggota DPD RI asal Papua Barat Mervin S Komber (foto/istimewa)

PAPUA – Meski gagal melenggang sebagai calon Gubernur Papua Barat namun jiwa besar dan sikap demokratis ditunjukkan anggota DPD RI Dapil Mervin S Komber yang tetap optimis pesta demokrasti di Bumi Cendrawasih itu bisa berjalan aman tertib dan lancar.

Menurut Mervin, semua telah mengikuti proses Pilkada hingga kini akan memasuki tahapan maha penting, yakni pemberian suara melalui pencoblosan di TPS TPS. Dalam amatannya, jalannya demokrasi sudah berjalan dengan tenang, bijak, hangat, sudah dipertontonkan para kandidat, baik itu yang di provinsi maupun yang di Kabupaten dan kota.

Semuanya berjalan sangat demokratis, mulai dari pendaftaran pasangan calon sampai pada penetapan oleh KPU, dinilai berjalan cukup demokratis.

“Yang melanjutkan ke tahapan pendaftaran bakal calon dan tahapan penetapan calon oleh KPU maupun yang tidak melanjutkan ke tahapan berikutnya, termasuk saya yang gagal menjadi calon gubernur, berjalan dengan kompetitif dan aman,” ucap Mervin S Komber dalam siaran persnya, Senin (13/2/2017).

Tahapan kampanye, lanjut dia,  juga sudah dilewati dengan aman, tenang, bersahabat, damai dan indah. Masing masing kandidat, sudah menyampaikan visi dan misi bagi kemajuan daerah kepada masyarakat, baik itu calon gubernur/wakil gubernur maupun calon bupati/wakil bupati dan calon walikota/wakil walikota.

Setiap hari, media massa dan media sosial diramaikan oleh pesan dan dukungan masing2 peserta kampanye. “Memasuki masa tenang ini, saya berharap kita semua saling menjaga situasi, saling menjaga ucapan dan tulisan,” katanya mengingatkan.

Untuk itu, pihaknya berharap semua pihak, jangan memojokan kandidat tertentu apalagi menyerang kandidat lain dengan issu suku ras dan agama. “Saya percaya Masyarakat Papua Barat sangat demokratis dalam memilih pemimpinnya,” tandas pria yang dekat kalangan media itu.

Ditambahkan Mervin, para kandidat Gubernur, wakil gubernur, walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati adalah figur figur yang saya kenal bijak, baik, cerdas, aspiratif dan berkualitas. Sekarang pilihan ada pada masing-masing untuk menentukan pilihan sesuai hati nurani.

Untuk itu, dia mengajak, semua pihak untuk bersatu padu melangkah nersama bagi suksesnya Pemilukada. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, memberkati semua dalam memberikan hak suara nantinya dan memberkati para pasangan calon, agar berbesar jiwa menerima apapun hasil pemilihan oleh rakyat nantinya.

“Sebagai Anggota DPD RI / MPR RI saya akan ikut bersama KPUD, BAWASLU, POLDA dan elemen lainnya untuk turut mengawasi Pemilukada dengan jujur dan adil. Mari ciptakan Pemilu yang bersih dan demokratis di Tanah Papua,” demikian Mervin. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini