Surya Paloh: Dukungan untuk Rai Mantra Sudah Clear

13 Februari 2017, 07:13 WIB
SP
Ketum DPP Partai NasDem Surya Paloh saat tatap muka dengan kader di Bali (foto:kabarnusa)

MANGUPURA – Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh memastikan rekomendasi partainya untuk pencalonan Ida Bagus Rai D Mantra dalam Pemilihan Gubernur Bali 2018 segera turun.

Kepastian dukungan untuk Rai Mantra yang saat ini menjabat Wali Kota Denpasar itu disampaikan Surya di sela tatap muka dengan ratusan pengurus dan kader Partai NasDem di Jimbaran, Minggu (12/2/17).

“Untuk Pilgub Bali 2018, jalan terus, saya pikir sudah kompak DPW dan DPP di sini,” tegas Surya didampingi Ketua DPW NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa dan pengurus DPW lainnya seperti Anak Agung Ngurah Gede Widiada.

Surya memastikan, Rai Mantra sudah bulat diusung NasDem untuk pilgub mendatang. Kini, rekomendasi untuk Rai Mantra sudah tinggal menunggu tanda tangan DPP NasDem, untuk kemudian dikirim  ke DPW dalam minggu-minggu ke depan.

Sedangkan untuk pendamping calon atau wakil gubernur, sepenuhnya diserahkan kepada putra mantan Gubernur Bali Ida Bagus Mantra itu untuk menentukan. Soal calon wakil gubernur, lanjut Surya, diserahkan kepada Rai Mantra siapa yang dianggap paling cocok mendampingi.

“Tentunya yang cocok bagi beliau khan, kita tidak mau campur-campur, itu urusan beliau, tentukan wakilnya,” tegas dia. Menurut Surya, jika NasDem yang telah mengusung Rai Mantra sebagai cagub, kemudian ingin turut menentukan wakilnya, menandakan dukungan itu setengah hati.

“Untuk dukungan kepada beliau (Rai Mantra) sudah clear,” katanya menegaskan. Dukungan tersebut, tentunya sudah didasari pada pertimbangan matang. Telah memenuhi pertimbangan obyektifitas sekalipun ada sisi mempertimbangkan subyektifitas diri masih dinilai wajar.

Yang pasti, bahwa calon yang didukung itu memiliki tiket kader atau figur yang berintegritas. Integritas figur, itulah yang  harus lebih dominann sebagaimana cara NasDem Bali dengan tagline “sing NasDem sing Keren”.

Untuk itu, dia mengingatkan kader NasDem di Bali agar berhati-hati dan konsisten dalam menjaga marwah itu. Disinggung apakah dengan dukungan terhadap Rai Mantra, mengharuskan dia masuk ke partai pimpinannnya, Surya menepisnya.

“Ya tidak harus masuk NasDem, kalau ada keharusan atau cara seperti itu, gimama keihklasannya, berarti itu paradoks dong,” ucap Surya dengan nada tanya. Jika di kemudian hari, Rai Mantra memutuskan, hendak berjuang sendiri, tetap harus didukung, tidak ada masalah.

Dia memastikan, sampai saat ini, tidak ada masalah untuk itu. Sebab, partainya meyakini dan mendukung Rai Mantra dalam menjalankan kepemimpinannya agar bisa lebih optimal demi kepentingan masyarakat. “Kita harus dukung beliau, dan beliau yang paling mengetahi bagaimana menjadi lebih baik untuk masyarakat, yang paling tahu Pak Rai Mantra, ya kasih kepercayaan kepada beliau lah,” imbuh Surya. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini