Tim SAR Evakuasi Korban Tertimbun Longsor Galian C di Tabanan

16 Februari 2017, 08:04 WIB
IMG 20170216 WA0038
Tim SAR evakuasi buruh tertimbun longsor galian c di Tabanan (foto:humas SAR dps)

TABANAN – Jasad Herman (45) yang tertimbun longsor Galian C di Kecamatan Kerambitan Tabanan akhirnya ditemukan dan langsung dievakuasi Tim SAR Gabungan, Kamis (16/2/2017) pagi. Tubuh korban sekitar pukul 03.00 Wita terlihat menyembul mengapung ke permukaan air.

Masyarakat setempat melihat posisi korban tertelungkup, dekat dengan tangga akses naik dan turun pada galian C yang ambruk tersebut. Munculnya Jasad korban setelah kekuatan 6 unit mesin pompa air yang dioperasikan sejak kemarin, menguras debit air setinggi 15 meter.

Atas temuan itu, Kapolres Tabanan AKBP Marsdianto meminta Basarnas Kantor SAR Denpasar untuk mengevakuasi korban. “Pada pukul 05.30 Wita tim rescue berjumlah 6 orang bergerak menuju ke lokasi,” sebut Kepala Kantor SAR Denpasar Didi Hamzar dalam keterangan tertulisnya.

Sesampainya di galian C Desa Kelanting, Kerambitan, mereka mempersiapkan perlengkapan pelindung diri dan kantung jenazah, selanjutnya turun untuk mengevakuasi jasad Herman. Sebelumnya, seorang buruh tertimpa tembok pembatas yang ambruk pada, Selasa siang (14/2) pukul 11.00 Wita.

IMG 20170216 WA0040

Korban bersama tiga orang rekannya sedang mengumpulkan batu padas untuk dibawa naik. Tiba-tiba tebing yang menjadi pembatas antara petak-petak galian retak lalu ambruk dan mengakibatkan lokasi kerja korban dipenuhi oleh genangan air.

PAda pencarian hari Kemarin upaya penyelaman oleh 6 personil dari tim SAR gabungan telah dilakukan, namun tidak memberikan hasil karena kondisi air yang keruh membuat jarak pandang di bawah genangan air nihil.

Sebanyak 16 personil dari Basarnas Kantor SAR Denpasar dikerahkan dan didukung unsur SAR lainnya yakni Sabhara Polda Bali, Brimob, Polres Tabanan dan BPBD Tabanan. Proses evakuasi mulai dilakukan pada pukul 07.40 Wita dan harus melalui jalur sepanjang sungai dikarenakan melewati tempat persembahyangan masyarakat setempat (pura).

Selanjutnya jasad Herman dibawa menuju RSUD Tabanan dengan menggunakan ambulance milik RSUD Tabanan untuk penanganan lebih lanjut. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini