Tim SAR Terjunkan Penyelam Cari Korban Timbunan Batu Cadas di Tabanan

16 Februari 2017, 06:32 WIB
IMG 20170215 WA0166
Tim penyelam diterjunkan mencari korban di lokasi galian Kerambitan Tabanan (foto:humas SAR Dps)

TABANAN – Tim SAR menerjunkan para penyelam untuk mencari Herman (45) warga asal Desa Watukepeng, Banyuwangi, Jawa Timur di lokasi galian C Desa Kelating Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Rabu (15/2/2017).

Upaya pencarian terus dilakukan pihak Basarnas bersama-sama dengan unsur SAR lainnya. Sebelumnya kejadian, Selasa siang (14/2/2017) sekitar pukul 11.00 Wita. Korban bersama tiga orang rekannya sedang mengumpulkan batu padas untuk dibawa naik.

Saat itulah, tebing yang menjadi pembatas antara petak – petak galian retak sehingga lokasi kerja korban dipenuhi genangan air yang berada pada petak di sebelahnya. Tak berselang lama, lokasi longsor langsung dipenuhi timbunan tanah dan air. Beruntung tiga orang rekannya berhasil menyelamatkan diri, namun korban hilang dan diperkirakan tertimbun material longsor.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Bali, Gede Darmada selaku OSC (On Scene Coordinator) yang mengkoordinir di lokasi, mengatakan 16 orang personil telah diturunkan. “Enam orang personil disiapkan untuk melakukan penyelaman sedangkan yang lainnya dioptimalkan untuk membantu mengawasi kondisi di lokasi,” jelas Darmada.

IMG 20170215 WA0168

Hanya saja upaya penyelaman yang dilakukan sedikit mengalami kendala, visibility yang kurang jelas menyulitkan peyelam untuk melakukan upaya pencarian.

Arahan Kepala Kantor SAR selaku SMC (SAR Mission Coordinator) agar mengutamakan keselamatan Tim SAR dilapangan” untuk keselamatan tim rescue, upaya penyelaman tidak kita lakukan kembali” ujar Darmada.

“Terdapat banyak retakan – retakan baru pada dinding pembatas galian yang dapat meningkatkan resiko bagi tim penolong” imbuhnya. Dia menambahkan saat ini upaya evakuasi terhadap korban telah dikoordinasikan dengan potensi terkait dengan mengoptimalkan enam unit mesin pompa air.

Hal ini diharapkan mampu menurunkan debit air di galian lokasi batu padas dengan kedalaman mencapai 15 meter. Sehingga tim rescue dapat menemukan lokasi korban. Hingga pukul 18.00 Wita pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan esok hari. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini