Dana Rp13 Miliar untuk Pemilukada Jembrana

21 April 2015, 20:18 WIB

penandatanganan%2Bhibah%2Bdana%2Bpilkada

Kabarnusa.com –  Pemerintah mengalokasikan anggaran senilai Rp13 Miliar lebih untuk mendanai berbagai kegiatan dalam pelaksanaan Pemilukada Jembrana yang digelar [ada Desember 2015.

Penandatanganan Surat Perjanjian Hibah Dana Pemilukada antara Bupati Jembrana I Putu Artha dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jembrana IGN Agus Darmasanjaya di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Jembrana, Selasa (21/4/2015).

Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana Gede Gunadnya mengungkapkan, untuk keperluan KPU, melalui APBD induk Tahun Anggaran 2015 dialokasikan dana mencapai Rp. 10,3 Miliar.

Tidak itu, saja Pemkab Jembrana juga mengalokasikan anggaraan sebesar Rp. 1,5 Miliar untuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Rp. 900 juta untuk Kepolisian Resort Jembrana dan Rp. 30 juta untuk Kodim 1617 Jembrana. Sehingga totalnya mencapai Rp. 13 Miliar.

Penandatanganan Perjanjian Hibah yang disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Jembrana I Ketut Sugiasa, seluruh Komisioner dan Panwaslu itu berlangsung sangat sederhana.

Bupati Jembrana I Putu Artha menegaskan, kesuksesan, kelancaran dan keamanan Pemilukada Jembrana sudah menjadi komitmen Pemkab Jembrana.

“Jadi tidak perlu ada keraguan karena anggarannya sudah kami siapkan pada saat APBD  2015 diketok palu,” tegas Artha.

Lanjut Bupati, pihaknya berupaya untuk mempercepat penyerahan dana hibah agar Pemilukada berjalan dengan baik, hanya saja harus melalui proses dan tahapan ketentuan dan aturan hukum.

“Saya tidak ingin cerita lalu terulang kembali hingga KPU bermasalah,“ ujar Artha.

Ia menjelaskan awalnya anggarannya bersiat gelondongan sebesar Rp. 13 Miliar, karena harus dibedakan antara anggaran KPU dengan Panswalu, Polres dan Kodim, maka harus dilakukan pemilahan.

Terkait dengan kekurangan anggaran yang diajukan KPU Jemrbana sebesar Rp. 1,1 Miliar, Bupati Artha pun berkomitmen untuk menambahkan kekurangan tersebut pada Anggaran Perubahan 2015.

“Saya tegaskan, tidak ada alasan untuk mengulur-ulur apalagi menghambat pencairan dana Pemilukada,“ tegasnya.

Ketua KPU Jembrana IGN Agus Darmasanjaya mengatakan, Pemkab Jembrana sudah menyatakan komitmennya untuk membantu pelaksanaan Pemilukada dan sudah menjadi tanggunjawab KPU untuk mensukseskan.

“Kami berharap seluruh masyarakat ikut mensosialisasikan proses dan tahapan Pemilukada di Jembrana,“terang  Darmasanjaya.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini