Gelar Raker, SAR Denpasar Perkuat Manajemen dan Respons Time

11 Februari 2017, 07:50 WIB
IMG 20170210 WA0100
Kepala Kantor SAR Denpasar, Didi Hamzar

JIMBARAN – Kantor SAR Denpasar menyelenggarakan Raker (rapat kerja) internal guna memperkuat manajemen guna mendukung pelaksaanan tugas dan fungsi lembaga negara dalam melayani masyarakat. Raker dibuka Kepala Kantor SAR Denpasar, Didi Hamzar, dihadiri perwakilan dari masing-masing bagian, serta turut mengundang para coordinator Pos SAR, Kamis 9 Februari lalu

Didi Hamzar mengungkapkan pentingnya penyelenggaraan Raker internal ini. “Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat manajemen sehingga pada pelaksanaannya dapat berlangsung dengan benar dan wajar,” ungkapnya.

Melihat dari dinamika Basarnas beberapa tahun terakhir ini penguatan internal merupakan salah satu upaya membangun loyalitas serta rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diemban. Di awal kegiatan Raker, peserta diajak melihat cuplikan dari operasi-operasi SAR yang sudah dikemas dalam video berdurasi 10 menit.

Melangkah menuju hari depan yang lebih baik butuh pembelajaran dari hal-hal yang sudah pernah dikerjakan. Kekurangan yang ada bisa dibenahi, dan hasil yang sudah baik dapat lebih ditingkatkan.

Dalam kesempatan itu, Didi Hamzar juga menyampaikan pesan-pesan dari Kepala Badan SAR Nasional yang baru, Marsekal Muda TNI Muhammad Syaugi, Cepat dan Benar” hal itulah yang menjadi penekanan utamanya.

Di momen serah terima jabatan Kepala Badan SAR Nasional, Rabu (8/2/2017), tercatat beberapa poin penting, diantaranya; profesionalisme manusianya, peralatannya yang memadai, mekanisme/sistem dalam bekerja, kekompakan, kesolitan, kesinergian.

Untuk pencapaiannya tentu perlu adanya latihan dan pengorbanan, korban waktu, korban tenaga, korban uang. Salah satu hal yang digadang-gadang sekaligus menjadi tuntutan masyarakat, yakni Respon Time.

Menurut Muhammad Syaugi respon time harus diseragamkan untuk itulah keberadaan SOP dalam pelaksanaan operasi SAR sifatnya mutlak, didukung dengan komunikasi, program pencegahan, disiplin, taat aturan, dan performen.

Usai memberikan sambutan, sesi pemaparan dimulai. Kepala Seksi Operasi SAR, Gede Darmada S.E., M.AP memberikan pemaparan dalam hal-hal yang terkait pelaksanaan operasi SAR. Dilanjutkan Kepala Sub Bagian Umum, I Nyoman Sidakarya, dan ditutup Kepala Seksi Potensi SAR, Sri Wardoyo. (gek)

Artikel Lainnya

Terkini