Ribuan Warga Semarakkan Jalan Sehat Pra Kongres PDIP

5 April 2015, 23:56 WIB

IMG 5480

Kabarnusa.com – Puluhan ribu warga tumpah ruah di jalan seputaran Lapangan Niti  Mandala Renon Denpasar  Bali  mengikuti gerak jalan sehat Pra Kongres IV PDI Perjuangan.

Sejak pukul 06.00 Wita  warga mulai anak anak hingga orang tua menyemut di lokasi, untuk mengikuti gerak jalan sehat menempuh jarak sekira 2 kilometer, Minggu (5/4/2015)

Kegiatan dibuka langsung Ketua Pelaksana Panitia Kongres Ke-IV PDIP Wayan Koster dihadiri para elit pengurus dan kader partai berlambang banteng dengan moncong putih itu.

Ketua Panitia Gerak Jalan Sehat Suteja kumara mengungkapkan,  acara ini sebagai puncak dari seluruh serangkaian kegiatan Pra Kongres.

“Kegiatan Pra kongres ini kami berada di masyarakat, mengajak bergembira sehingga mereka ikut merasakan manfaat adanya kongres,” kata Kumara yang anggota DPRD Kota Denpasar itu.

Pihaknya ingin, agar kongres tidak hanya disibukkan dengan sidang agenda internal partai, seperti pemilihan ketua atau pengurus hingga program kerja.

Hajatan Kongres tidak hanya pada agenda partai tetapi bagaimana PDIP  betul betul berada di tengah rakyat, sehingga kehadirannya dibutuhkan mereka.

Kegiatan yang dihadiri semua lapisan masyarakat yang tengah berolahraga  kata Kumara dapat terselenggara berkat semangat dan gotong royong seluruh kader dan dukungan masyarakat.

Tampak beberapa petinggi PDIP seperti Ketua DPC PDIP Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Ketua DPC PDIP Tabanan Komang Gede Sarjana, Ketua DPC PDIP Buleleng Putu Agus Suradnyana Ketua DPC PDIP Badung Giri Prasta dan lainnya.

Pihak panitia juga menyiapkan hadiah cukup menarik seperti empat unit sepeda motor,  kulkas dan lainnya yan totalnya sebanyak 40 buah.

Panitia sengaja menggunakan jumlah angka empat yang menandakan kongres PDIP yang keempat di Bali dan sesuai nomor urut PDIP.

Semua hadiah itu diharapkan bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat.

“Kami harapkan ini bisa dimiliki masyarakat, karena acara ini dari, oleh dan untuk masyarakat, mari bergembira bersama,”,ajak Kumara.

Dalam kesempatan sama  Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster  menyatakan, kegiatan Pra Kongres sebelumnya telah digelar di empat kabupaten mulai pembagian sembako gratis, bakti sosial dan kesehatan terpadu mulai di Jembrana, Bangli, Karangasem dan Buleleng.

Selama kegiatan digelar mendapat sambutan luar biasa dan positif dari masyarakat.

“Hari ini puncak rangkaian Pra Kongres, yang diikuti semua lapisan masyarakat dan kader partai,” tegas anggota Komisi X DPR RI.

Kata dia, menurut ahli matematika yang mengikuti kegiatan gerak jalan sehat diperkiran lebih dari 30 ribu masyarakat.

Mewakili, panitia kongres pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi, ataa partisipasi dan dukungan masyarakat atas kegiatan Pra Kongres sehingga bisa berlangsung sukses, meriah dan semarak.

Lewat kegiatan Pra Kongrea, kata Koster, PDIP ingin membangun citra baru di masyarakat,  bahwa Kongres tidak hanya jadi perbincangan elit partai dalam hotel yang membicarakan agenda internal partai saja.

“Kali ini untuk yang pertama kalinya di Indonesia, kegiatan Kongres bisa menjadi perbincangan di tengah masyarakat, tidak hanya elit partai,”tegas dia.

kongres PDIP diharapkan benar benar dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

Koster lantas mengistilahkan kongres PDIP layaknya orang Bali yang memiliki hajatan besar, megalungan atau mengundang masyarakat untuk bersama-sama,  hadir makan bersama yang dikenal tradisi Ngejot.

Semangat kebersamaan dan gotong royong itu tercermin dari partisipasi seluruh kader PDIP, yang menyukseskan acara Pra Kongres, tanpa melibatkan donatur.

Pihaknya juga memohon doa dan dukungan masyrakat untuk kelancaran Kongres yang akan dihelat mulai 8-12 April 2015 di Hotel Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar yang akan dibuka Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

Kongres akan disemarakkan dengan berbagai atraksi budaya yang melibatkan seniman Kota Denpasar. Juga, ada persembahan tarian dan lainnya yang dilakukan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Juga ditampilkan  karya sendratari yang berjudul ‘Biangla  Mahardika’, yang bercerita tentang eksistensi PDIP di bawah kepemimpinan Megawati dan tantanganya ke depan.

“Kami harapkan jalan sehat tak hanya dilaksanakan saat ini saja, tetapi bisa rutin digelar untuk masyarakat Bali,” imbuhnya. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini