Jasad Turis Selandia Baru Mengapung di Perairan Nusa Penida

24 Maret 2017, 17:26 WIB
turis tenggelam
Tim SAR evakuasi jasad turis New Zealand di Perairan Nusa Penida (foto:humas sar dps)

NUSA PENIDA – Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi mayat ditemukan mengapung di perairan Crystal Bay, Nusa Penida yang diyakini Temson Mannie Junior Simeki (23) asal New Zealand atau Selandia Baru yang dilaporkan hilang lima hari lalu.

Korban berhasil dievakuasi tim SAR, Jumat (24/3/17) pagi, tak lama setelah Basarnas Kantor SAR Denpasar menerima informasi keberadaan korban. Petugas siaga SAR segera menghubungi Kapolsek Nusa Penida yang membenarkan ada penemuan mayat dengan kondisi terapung.

Sementara waktu mereka mengupayakan unutk mengevakuasi korban dan mengikatnya di ponton milik Fast Boat Eka Jaya. Dijelaskan posisi ponton itu berada di sebelah kiri tak jauh dari Jembatan Kuning.

Kepala Seksi Operasi Gede Darmada segera menggeser pergerakan RIB yang sedang melaksanakan operasi SAR pencarian Temson yang hilang 5 hari karena terjatuh dari tebing objek wisata Angel Bilabong, Nusa Penida.

Sementara itu SRU darat disiagakan di Pelabuhan Benoa untuk penjemputan jenasah menggunakan evacuation vehicle. Koordinasi dilanjutkan menghubungi pihak konsulat New Zealand, sebagai langkah mengantisipasi apabila jenasah yang ditemukan tersebut adalah warganya yang hilang, Senin (20/3/17).

Informasi pihak keluarga, terdapat ciri fisik ada bekas operasi di lengan sebelah kiri di atas ketiak. Komunikasi dengan pihak RSUD Sanglah juga diupayakan, karena jenasah akan dibawa menuju RSUD Sanglah untuk proses identifikasi.

Setelah menerima laporan penemuan mayat, posisi RIB sedang berana di utara Nusa Lembongan. Sekira waktu 15 menit, RIB sudah merapat di ponton. Pada pukul 09.55 Wita, proses evakuasi dilakukan, selanjutnya RIB meluncur menuju Pelabuhan Benoa untuk pemindahan jenasah ke darat dan dibawa menuju RSUD Sanglah.

wn%2Bzealand

“Informasi yang diterima Tim SAR di lokasi, pada tubuh jenasah yang dievakuasi ini ditemui ciri fisik yang sama dengan yang diberikan oleh pihak konsulat Newzeland,” jelas dia.

Meskipun ada kecocokan ciri-ciri fisik dengan Temson, WNA New Zealand yang hilang terjatuh di tebing Angel Bilabong, namun untuk kepastian dan menghindari informasi yang simpang siur sebaiknya mengenai identitas jenasah yang ditemukan ini menunggu hasil identifikasi dari RSUD Sanglah.

Sekitar pukul 11.15 Wita RIB sudah sandar di Pelabuhan Benoa, selanjutnya jenasah dibawa menuju ke RSUD Sanglah.

“Usai pemeriksaan dari tim medis RSUD Sanglah dan pihak keluarga, dapat dipastikan bahwa jenasah tersebut adalah WNA asal New Zealand atas nama Temson Mannie Junior Simeki,” tegas Darmada.

Bersamaan dengan pernyataan resmi tersebut maka operasi SAR terhadap Temson dinyatakan selesai dan ditutup. (rhm)

Artikel Lainnya

Terkini