Minim Aduan, Jimly Yakin Pilkada Serentak Berlangsung Sukses

4 November 2015, 06:03 WIB
JImly
Jimly Asshidiqi(foto:gatranews)

Kabarnusa.com –  Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshidiqi meyakini penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015 akan berjalan lancar dan sukses.

Keyakinan itu, pertama dilihat JImmy dari menurunnya jumlah perkara yang diadukan, terkait pelaksanaan Pilkada serentak.

Dibandingkan, tahun 2014, jumlah pengaduan yang diterima DKPP mencapai 879 kasus ketidakpuasaan terhadap kinerja penyelenggara Pemilu.

Dari jumlah tersebut, yang disidangkan karena dianggap memenuhi syarat sebanyak 333 perkara.

“Hingga bulan November ini atau tinggal 1 bulan pemungutan suara, jumlah pengaduan yang diterima 289 pengaduan. Itu pun yang resmi disidangkan hanya tercatat 75 perkara,” katanya dilansir laman Setkab 2Selasa (3/11/2015).

Pihaknya memeriksa menggunakan TPD (Tim Pemeriksa Daerah) karena kasusnya di daerah.

“Kasus menurun. Ini bisa jadi karena titik pemilihan lebih sedikit,” kata Jimly kepada wartawan usai bersama pengurus KPU dan Bawaslu diterima oleh Presiden Joko Widodo, di kantor Kepresidenan, Jakarta.

Dengan sedikitnya jumlah perkara yang diadukan itu, pihaknya berhak untuk bersikap optimis bahwa penyelenggaraan Pilkada 2015 ini sukses.

Meski demikian, Jimly mengingatkan, tidak boleh mengabaikan ada 75 perkara yang sedang diperiksa DKPP, yang rata-rata berkaitan tahapan pencalonan, ketidakpuasan yang timbul karena proses pencalonan. (ari)

Artikel Lainnya

Terkini