TNI dan Petani Tabanan Gotong Royong Bersihkan Irigasi

5 November 2015, 23:55 WIB

TNI%2Bgotong%2Broyong

Kabarnusa.com-Anggota TNI dari Koramil 1619-01/Tabanan, bersama warga dan petani di Banjar Periyukti, Desa Wanasari, Tabanan, Bali melakukan kegiatan gotong-royong membersihkan saluran irigasi, Kamis (5/11/2015).

 

Kegiatan gotong-royong bersih-bersih saluran irigasi sepanjang 1 Km ini dimaksudkan agar saat turun hujan nanti saluran irigasi tidak tersumbat sehingga air bisa masuk ke sawah bisa lebih lancar.

 

Pekaseh Subak Priyukti Made Suriadi mengatakan, gotong-royong  ini perlu dikerjakan, sebab bila saatnya turun hujan nanti petani tidak disibukkan lagi dengan saluran mampet  dan membersihkan sampah plasti yang masuk ke sawah.

 

Selain itu, setelah saluran irigasi dibersihkan warga Periyukti juga berencana akan memanfaatkannya untuk lokasi memancing ikan dalam rangka penggalian dana pembangunan Pura Dalem. “Kami sudah menyiapkan 100 Kg ikan karper dan 100 Kg ikan lele untuk dipancing. Setiap pem,ancing dikenai biaya kupon Rp 50 ribu,” ujar pekaseh.

 

Terkait kegiatan gotong-royong tersebut, Danramil 1619-01/Tabanan. Kapten (Inf) Yudha Wicaksana yang turun langsung ke lapangan mengerahkan 16 orang anggotanya. Bersama 60 orang warga masayarakat dan petani, anggota TNI tampak bahu-membahu membersihkan saluran irigasi.

 

Selain membantu aksi gotong-royong membersihakn saluran irigasi, beberapa waktu yang lalu anggota TNI  dari Koramil 1619-01/Tabanan juga membantu petani melakukan pengendalian tikus secara massal. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini