Gotong Royong Warga Bangun Pura Senilai Rp1 Miliar

14 Oktober 2015, 23:00 WIB

srijong%2B2

Kabarnusa.com – Dengan bergotong royong warga berhasil membangun pembangunan Pura Dalem di Desa Pekraman Riang Gede, Kecamatan Penebel yang menelan dana hingga Rp 1 Miliar.

Pembangunan pura yang dikerjakan selama satu tahun itu telah rampung.  Warga mulai melakukan persiapan upacara ngenteg linggih yang puncaknya berlangsung Rabu (14/10/2015) atau bertepatan dengan Buda Umanis Prangbakat.

Puncak upacara dihadiri Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada beserta sejumlah pimpinan satuan kerja di lingkungan Pemkab Tabanan.

Selama kehadiran Penjabat Bupati Sugiada, pihak panitia yang diwakili I Wayan Budiada menuturkan Pura Dalem Desa Pekraman Riang Gede diempon oleh empat banjar adat yang keseluruhannya terdiri dari 371 kepala keluarga.

“Untuk melakukan pembangunan, masing kepala keluarga dikenakan iuran sebesar Rp 1 juta,” jelas Budiada.

Proses pembangunan pura tersebut, sambung Budiada, berlangsung secara bertahap dengan menghabiskan waktu sekitar satu tahun dan biaya sekitar Rp 1 miliar.

Begitu pembangunan selesai, krama setempat bergotong royong kembali untuk mempersiapkan upacara yang berlangsung saat ini.

Upacara ini dipuput oleh lima orang sulinggih antara dan akan berakhir pada 17 Oktober mendatang.

Penjabat Bupati Sugiada beserta rombongan juga melakukan persembahyangan Pura Tamba Waras di Desa Pekraman Sangketan, Penebel dan Pura Serijong di Selemadeg. Kebetulan pada saat yang sama, di dua pura tersebut belangsung puncak upacara piodalan. (gus)

Artikel Lainnya

Terkini