Abu Vulkanis Gunung Raung Sampai ke Pulau Bali

8 Agustus 2015, 00:11 WIB

Warga%2BGilimanuk%2BGunakan%2BMasker%2B%25281%2529

Kabarnusa.com – Erupsi gunung Raung di Bondowoso, Jawa Timur mulai berdampak di Kabupaten Jembrana, Bali. Bahkan wilayah terparah yang terkena dampaknya adalah Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya.

Sejumlah warga di kelurahan Gilimanuk mulai mengenakan masker pelindung pernafasan serta kacamata saat beraktivitas di luar rumah, lantaran pengaruh abu fulkanik dari erupsi Gunung Raung.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, dampat erupsi gunung Raung mulai dirasakan di Gilimanuk sejak Rabu 5 Agustus 2015.

“Malam itu banyak warga kami yang mengeluhkan mata perih karena abu vulkanik yang diterbangkan anging,” terang Lurah Gilimanuk, I Gede Ngurah Widiada, Jumat (7/8/2015). 

Banyak warganya mengaku enggan keluar rumah lantaran takut terkena sakit mata dan gangguan pernafasan. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang keluar rumah dengan mengenakan masker pelindung pernafasan serta kacamata.

“Kami di pelabuhan juga merasakan adanya abu vulkanis Gunung Raung. Ini terjadi sudah dua kali di Gilimanuk,” ujar Syahbandar Gilimanuk, I Nyoman Daelon.

Meskipun demikian, dampak abu vulkanik gunung raung tersebut tidak berpengaruh terhadap arus penyeberangan di selat Bali.

Belakangan abu vulkanik gunung Raung juga mulai terasa hingga kota Negara.

Bahkan, sejumlah karyawan serta petugas kepolisian yang berjaga di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) tampak mengeluhkan abu ini.(dar)

Artikel Lainnya

Terkini