AJI Batam Desak Polisi Tangkap Penganiaya Jurnalis Televisi

26 Desember 2015, 01:30 WIB

20150209 100120 harianterbit jurnalis Tolak Kekerasan

Kabarnusa.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepolisian menangkap pelaku pengeroyokan terhadap Pradanna Putra Tampi (23), jurnalis TV lokal Batam pada Kamis sekitar pukul 21.30 WIB di kawasan Tunas Regency Batam.

“Meskipun Danna (panggilan korban) tidak dalam melaksanakan tugas jurnalistik namun aparat keamanan harus bisa memberikan rasa aman terhadap warganya,” kata Ketua AJI Batam, Muhammad Zuhri dikutip Antara di Batam, Jumat (25/12/2015).

Kondisi seperti ini harusnya jadi perhatian kepolisian untuk segera mengungkapnya agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat. Aksi premanisme tersebut bila dibiarkan akan sangat meresahkan.

“Mugkin saja aksi mereka itu udah kerap terjadi berulang ulang. Ini harus menjadi perhatian serius polisi untuk mengungkapnya,” kata Zuhri. Untuk itu, dia meminta kasusnya diusut tuntas kepolisian.

Sekretaris Jenderal PWI Kepri Saibansyah menyampaikan keprihatinan atas kejadian yang menimpa Danna. Meskipun bekerja di TV lokal Batam, namun korban tercatat sebagai anggota PWI Kepri.

Kata dia, PWI Kepri Mengutuk keras segala tindakan kekerasan, dengan dalih apa pun. Apalagi jika terjadi pada wartawan saat melakukan tugasnya yang dilindungi Undang-Undang.

PWI Kepri, kata dia, juga mendesak polisi segera menangkap pelaku dan mengadilinya sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Pada Kamis (24/12) sekitar pukul 21.30 WIB, Danna bersama seorang kawannya menjadi korban pengeroyokan lima remaja setelah sebelumnya menolak saat dimintai uang dengan alasan untuk tambahan membeli minuman beralkohol.

Danna yang tidak sempat bisa melawan akibat dikeroyok akhirnya mengalami luka-luka di sekujur tubuh. Bagian mata kanannya juga lebam usai ditonjok seorang pelaku.

“Seorang pelaku juga sudah mengeluarkan senjata tajam. Untung warga segera datang sebelum sempat ditusukkan ke saya,” imbuh Danna. (ari)

Artikel Lainnya

Terkini