Buku Keuangan OJK Didistribusikan ke Sekolah di Bali

1 Juni 2015, 06:55 WIB

OJK%2Bilustrasi

Kabarnusa.com – Program edukasi dan literasi keuangan untuk kalangan murid pelajar dilakukan Otoritasa Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali dengan mendistribusikan buku tentang OJK Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan.

Mngingat hasil survey nasional literasi keuangan OJK menunjukkan bahwa hanya 28% Pelajar atau Mahasiswa yang memiliki tingkat literasi yang baik atau well literate, dengan tingkat utilitasinya sebesar 44%.

Untuk itu, setiap siswa harus dibekali dengan kemampuan dasar tentang keuangan yang akan digunakan dalam kehidupan selanjutnya dan terus mendorong budaya menabung dan investasi sejak dini.

Menindaklanjuti Nota Kesepahaman tersebut, OJK telah menerbitkan buku Mengenal Otoritas

Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan bagi sekolah tingkat SMP dan Kelas X SMA

sebagai bahan pengayaan dari mata pelajaran IPS, Ekonomi maupun Akuntansi.

“Buku ini sangat aplikatif karena dalam proses penyusunannya melibatkan pelaku usaha di sektor jasa keuangan,” kata Kepala OJK Perwakilan Bali Zulmi belum lama ini.

Materi-materi yang terdapat dalam buku ini merupakan pengetahuan dasar yang mengacu pada praktik dan kondisi riil di lapangan.

Mengambil momentum Hari Pendidikan Nasional (tanggal 2 Mei), Hari Buku Nasional (tanggal 17 Mei) dan Hari Kebangkitan Nasional (tanggal 20 Mei 2015), OJK Bali bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Lembaga Jasa keuangan (LJK) serta asosiasi LJK di Bali, mulai mendistribusikan buku tingkat SMP dan SMA/SMK.

Buku itu diberikan kepada sekolah- sekolah di Provinsi Bali, baik tingkat SMP dan SMA/SMK Jumat 29 Mei 2015 di Ruang Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi Bali.

Acara ini sebagai kick off pendistribusian buku Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan bagi sekolah tingkat SMP dan Kelas X SMA.

Sebagai tindaklanjutnya, Kantor OJK Provinsi Bali bekerja sama Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dan asosiasi LJK yang ada di Bali akan mengadakan kegiatan lomba cerdas cermat atau pembuatan karya tulis ilmiah.

Karya tulis itu diberikan bagi siswa SMP atau SMA/SMK dengan waktu yang akan ditentukan kemudian” papar Kepala Kantor OJK Provinsi Bali Zulmi belum lama ini.

“Kami mendukung dan selalu siap bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di Provinsi Bali guna menyukseskan program kegiatan edukasi dan literasi keuangan kepada para pelajar baik di tingkat SMP ataupun SMK/SMA” pungkas Zulmi.

Pada acara dilakukan sosialisasi mengenai OJK dan Lembaga Jasa Keuangan Narasumber perwakilan dari Kantor OJK Provinsi Bali, Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia Wilayah Bali, PT. BPD Bali, Perbarindo Bali, PT. BEI Perwakilan Denpasar, PT. Pegadaian Kanwil VII, AAUI Bali, APPI

Bali. (gek)

Artikel Lainnya

Terkini